Tuesday, March 5, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKAR15 Desa di Muara Kaman Siap Gelar Pilkades Serentak

15 Desa di Muara Kaman Siap Gelar Pilkades Serentak

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Sebanyak 15 Desa di Kecamatan Muara Kaman siap menggelar Pilkades Serentak dari 86 desa se Kukar, yang akan digelar 14 September 2022 mendatang.

“Dari 20 desa se Muara Kaman, 15 desa ikut Pilkades serentak, dan ini terbanyak di 16 kecamatan se Kukar yang ikut Pilkades serentak,” sebut Sekcam Muara Kaman, Darma Gumawang, Minggu 17 Juli 2022.

Pemcam kecamatan saat ini, menjalankan fungsi koordinasi dan fasilitasi panitia Pilkades tingkat lokal kecamatan dan desa, karen saat ini akan dilakukan penetapan peserta Pilkades antara 23-30 Juli nanti sesuai dengan Perbup Kukar no. 36 tahun 2019

“Saat Ini kondisinya, masih persiapan tahapan penetapan calon di desa masing-masing, ” ucapnya.

Darma berujar, berdasar Regulasi maksimal 5 calon yang mengikuti Pilkades, tapi ada desa yang calonnya lebih dari lim, maka akan dilakukan seleksi tambahan dengan kriteria tertentu sesuai dengan perbup 36 tahun 2019 (pasal 83). Panitia Pilkades akan kembali berkoordinasi dengan Panpel kecamatan dan kabupaten agar lebih baik lagi terkait solusinya.

Pesta Demokrasi di tingkat desa sebut Sekcam, pasti ada potensi gesekan masyarakat yang berakibat konflik, karena pilkades bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sosialisasi ke masyarakat untuk tetap menjaga persaudaraan dan persatuan di moment Pilkades.

“Upaya pencegahan konflik masyarakat menyambut Pilkades, sudah dikoordinasikan secara intens terkait pengamanan oleh Kepolisian serta lembaga lainnya, ” pungkasnya.(Adv121/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments