Monday, May 16, 2022
HomeDAERAHSAMARINDA586 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Samarinda Terima Remisi

586 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Samarinda Terima Remisi

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA – Sebanyak 586 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Samarinda mendapat remisi masa tahanan pada Idul Fitri tahun ini.

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala Lapas Kelas IIA Samarinda M Ilham Agung Setyawan mengatakan, dari 750 orang warga binaan yang diusulkan mendapatkan remisi pada Idul Fitri tahun ini, hanya usulan 586 orang yang disetujui.

“Karena memang sisanya itu belum memenuhi syarat substansi dan administrasi,” ujarnya.

Tidak diberikannya remisi pada warga binaan, terangnya, lantaran sejumlah syarat yang telah ditetapkan belum terpenuhi.

“Contoh, yang bersangkutan kena pasal Tipiko (Tindak Pidana Korupsi), terus yang bersangkutan tidak membayar denda atau uang pengganti. Tentu kita tidak bisa memberikan remisi. Namun, ada juga yang Tipikor, membayar lunas denda, membayar lunas uang pengganti, ya mereka kita usulkan mendapatkan remisi,” bebernya dikutip dari headlinekaltim.co

Pemberian remisi kepada warga binaan Lapas Kelas IIA Samarinda pada Idul Fitri tahun ini, besarannya mulai 15 hari sampai 2 bulan. Dimana, kata dia, masa remisi yang diberikan ini berbeda ketika perayaan HUT RI 17 Agustus, yang dihitung mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan.

“Idul Fitri tahun ini untuk remisi warga binaan di sini belum ada yang bebas langsung,” katanya.

Penerima remisi, lanjut Ilham, mayoritas warga binaan yang tersangkut kasus pidana umum.

“Kalau Pidana Umum, Insyaallah kemungkinan besar dapat remisi. Kalau Pidana Khusus, seperti narkoba, Tipikor itu dilihat dulu masa pidananya berapa lama. Kalau dia teroris, apakah yang bersangkutan sudah ikrar dengan NKRI dan masih banyak syarat lainnya. Kalau Pidana Umum sudah lewat 6 bulan, Insyaallah sudah dapat remisi,” terangnya.

Kata Ilham lagi, dari 586 orang warga binaan Kelas IIA Samarinda yang menerima remisi masa tahanan, ada 48 orang warga binaan yang mendapat remisi pertama kali.

“Ada 48 orang yang baru saja mendapatkan. Baru pertama kali mendapat remisi di sini, selebihnya sudah pernah dapat,” katanya.

Jika sesuai jadwal, remisi akan diberikan bertepatan dengan tanggal 1 Syawal 1443 Hijriah.

“Remisi terhitung mulai 1 Syawal. Diberikan pada saat salat Idul Fitri, nantinya kita berikan secara simbolis kepada warga binaan. Yang pasti tetap di dalam blok. Nantinya di SK Remisi, kita cantumkan nama-nama, sehingga yang bersangkutan tidak harus bertanya ke depan. Tapi cukup membaca di dalam blok masing-masing,” imbuhnya.

Penulis : Ningsih

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments