Thursday, February 22, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARAnggota KWT se Tenggarong Ikuti Pelatihan Mengolah Makanan Berbahan Tomat

Anggota KWT se Tenggarong Ikuti Pelatihan Mengolah Makanan Berbahan Tomat

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Anggota Kelompok Wanita Tani(KWT) yang ada di 12 Kelurahan dan 2 Desa se Kecamatan Tenggarong, Rabu 6 Juli 2022 dilatih membuat olahan makanan berbahan tomat. Peserta sangat antusias dengan pelatihan tersebut.

“Kita apreasi, pelatihan membuat olahan berbahan dasar tomat. Ini menambah ilmu dan pengalaman bagi anggota KWT,” sebut Lurah Sukarame, Rini Aprianningsih, Jumat 8 Juli 2022.

Landasan diberikan pelatihan tersebut, diurai oleh Ketua KWT Tenggarong. Dengan pertimbangan ingin mewujudkan ketahanan pangan saat ini dan yang akan datang, untuk memenuhi kebutuhan pangan di IKN nanti.

“Jangan sampai kebutuhan pangan di IKN, harus didatangkan dari luar Kaltim,” sebut Atih Hayati, usai pelatihan.

Atih menyebut, KWT Tenggarong sudah memiliki beberapa spot lahan pangan di Tenggarong, yang dijadikan budi daya tanaman sayur mayur. Seperti kembang kol dan wortel. Yang rutin dilakukan penanaman, ada pada komoditas cabai, terong dan pare.

“Di halaman kantor Camat Tenggarong, ditanami berbagai jenis sayur mayur, ” ungkapnya.

KWT Tenggarong berkomitmen agar masyarakat lokal Kukar tidak hanya jadi penonton saja di hadapan IKN, Tenggarong akan jadi penyokong pangan bagi masyarakat IKN.

“Diperkirakan akan ada kedatangan 1,5 juta penduduk baru di IKN, pasti kebutuhan pangannya akan semakin besar, ” sebutnya.

Tidak ada kata terlambat, memulai menggerakan masyarakat untuk getol bercocok tanam persiapan IKN. Belum lagi, Sulawesi sudah menyatakan kesiapannya juga menjadi penyokong pangan di IKN.

“Belum lama ini, Sulawesi menawarkan bekerja sama dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Kukar juga harus mampu menjadi penopang pangan di IKN, ” pungkasnya. (Adv110/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments