Tuesday, March 5, 2024
HomeADVERTOTIALDPRD KALTIMBapemperda DPRD Kaltim Targetkan Menghasilkan 20 Persen Perda Inisiatif

Bapemperda DPRD Kaltim Targetkan Menghasilkan 20 Persen Perda Inisiatif

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA- Badan Pembuatan Perda (Bapemperda) DPRD Kaltim mentargetkan akan menghasilkan Perda inisiatif sebanyak 20 persen.

Hal itu disampaikan oleh anggota Bapemperda Kaltim Sarkowi V Zahry pada wartawan usai memimpin rapat internal Pansus Kesenian Daerah Kaltim beberapa waktu lalu.

“Kalau dalam setahun kita bisa mengisi 20 persen Perda inisiatif, itu sudah sangat bagus. Tapi jelas saya harapkan, saya sebagai anggota Bapemperda punya target bahwa Perda inisiatif itu supaya bisa meningkat dari waktu ke waktu,” ujarnya.

Dikatakan Politisi dari partai Golkar ini, secara umum, Perda-Perda yang ada mayoritas diinisiasi oleh Eksekutif.

Untuk itu, momentum dengan adanya Raperda Kesenian Daerah yang merupakan inisiatif DPRD Kaltim diharapkan dapat menjadi motivasi bagi anggota DPRD Kaltim untuk meningkatkan kinerjanya, dengan melahirkan Perda-Perda inisiatif lainnya.

“Dengan adanya Raperda Kesenian Daerah, ini bisa menjadi momentum untuk munculnya inisiatif,” katanya.

Kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, anggota DPRD Kaltim yang juga duduk sebagai Sekretaris Komisi III ini berharap memberikan dukungan atas Raperda yang berasal dari Insiatif DPRD Kaltim.

“Kita harapkan pemerintah memberikan respon yang baik atas munculnya Raperda inisiatif. Bagaimanapun Perda ini adalah produk bersama, antara Eksekutif dan Legislatif, sehingga kalau misalnya dari DPRD saja dan mereka tidak merespon, ya tidak baik juga,” ujarnya.

Peran dari anggota DPRD dan Komisi-Komisi juga diharapkan dapat terdorong untuk memunculkan Raperda inisiatif.

“Ke depan kita berharap, Komisi dan AKD melakukan kristalisasi ide dan gagasan terkait tupoksi mereka supaya dapat memunculkan Perda inisiatif,” imbuhnya.

Penulis: Erick

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments