Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARBupati Kukar Luncurkan Program Broadband 6.0 Atasi Desa Blankspot Internet

Bupati Kukar Luncurkan Program Broadband 6.0 Atasi Desa Blankspot Internet

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Bupati Kukar Edi Damansyah berkesempatan meluncurkan program bisnis teknologi Broadband 6.0 inisiatif Perusda Tunggang Parangan (TP). Program jaringan Wifi ini diharapkan dapat mengatasi persoalan Blankspot internet yang dialami di pedesaan.

“Kan masih ada, desa yang belum menikmati internet, ini salah satu solusinya, ” ucap Bupati Edi, Kamis 18 Agustus 2022, di halaman kantor Perusda TP.

Launching program Wifi 6.0 tersebut juga dihadiri Sekda Kukar, Sunggono, pimpinan OPD lingkup Pemkab Kukar, pimpinan Perusda, serta perwakilan perusahaan yang beroperasi di Kukar.

Bupati Edi menyebut, sebetulnya program ini sudah lama dirancang, namun tidak ada yang konsentrasi menjalankannya. Dirinya berterima kasih kepada manajemen Perusda TP yang dipimpin Awang Lutfi, mau mewujudkan program inovasi tersebut.

“Ini bagian dari program Kukar Idaman yaitu interkoneksi wilayah. Yang jangan selalu diartikan berkaitan fisik infrastruktur, tapi jaringan internet bisa terhubung antar kecamatan dan desa, juga bagian dari interkoneksi wilayah, ” ucap Bupati Edi.

Saat uji coba wifi tersebut di dusun Merangan desa Sumber Sari kecamatan Loa Kulu, yang terkenal dengan sinyal kurang bagus didusun tersebut, sudah stabil dan lancar. Untuk itu, Edi meminta agar ini bisa terakses dengan desa lainnya, khususnya yang masih blankspot jaringan internet.

“Saya harap, Perusda TP dan Diskominfo Kukar saling bersinergi menjalankan program ini, ” pesannya.

Kepala Diskominfo Kukar, Dafip Haryanto mengakui siap saja berkolaborasi bersama manajemen perusda TP menjalankan program, guna mengembangkan jaringan internet ke seluruh Kukar.

“Kita punya 20 tower yang ini bisa digunakan dan disinergikan bersama perusda TP, ” jelasnya.

Dirut Perusda TP, Awang Lutfi menyebut, bisnis yang dijalankan berupa membangun jaringan Wireless dengan jaringan yang luas dan murah. Tujuannya juga mewujudkan keinginan Pemkab Kukar, mengatasi desa yang blankspot internet, untuk wujudkan Kukar merdeka digital.

“Sudah uji coba di dusun Merangan dan Kota Bangun sudah sukses terjangkau wifi nya, ” sebutnya. (Adv157/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments