Monday, May 16, 2022
HomeADVERTOTIALDPRD KALTIMDana CSR Diharapkan Bisa Ikut Berkontribusi Reklamasi Lubang Eks Tambang

Dana CSR Diharapkan Bisa Ikut Berkontribusi Reklamasi Lubang Eks Tambang

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA- Sekretaris Komisi III DPRD Kaltim Sarkowi V Zahry mendorong perusahaan-perusahaan tambang batu bara yang berdomisili di Kaltim untuk menyalurkan dana CSR-nya, bagi suksesnya program pemanfaatan lubang eks tambang sebagai lahan penelitian mahasiswa.

Dikatakannya, pihaknya bersama dengan Ikatan Alumni Fakultas Kehutanan (IKA Fahutan) Universitas Mulawarman dan Dinas ESDM Kaltim menjajaki kerjasama dengan beberapa perusahaan tambang batu bara untuk menindaklanjuti MoU pemanfaatan lubang eks tambang sebagai lahan penelitian, yang ditandatangani pada awal 2022 lalu.

Dia menjelaskan, digagasnya program tersebut setelah melihat kondisi yang ada saat ini. Di mana, banyak perusahaan tambang batu bara yang akhirnya meninggalkan begitu saja lubang-lubang eks tambang. Padahal, banyak dampak buruk yang bisa ditimbulkan akibat dibiarkannya lubang eks tambang itu “menganga”. Sehingga dengan penyaluran dana CSR perusahaan untuk program ini, diharapkan dapat mengubah lubang eks tambang menjadi hal yang lebih produktif lagi.

“Yang terkait dengan program penghijauan kembali terkait sektor kehutanan, kami menyusun keterlibatan dan peran dari perusahaan. Kita sudah berkomunikasi dengan forum CSR, termasuk Inspektur Tambang terkait program reklamasi,” ucapnya baru-baru ini.

Politisi dari partai Golkar ini menyebut, lubang eks tambang banyak tersebar di seluruh kabupaten/kota di Kaltim. Ini disebabkan, banyak dari perusahaan yang tidak melaksanakan aturan reklamasi dengan benar.

“Pasca tambang ini sangat luar biasa. Ada 1.404 izin tambang yang IUP, kemudian 11 izin PKP2B yang meninggalkan lahan pasca tambang dan lubang tambang yang harus direklamasi. Untuk itu, kami bersama IKA Fahutan Unmul dan Dinas ESDM siap untuk menjalankan program ini, sehingga reklamasi tambang bisa segera dilakukan,” imbuhnya.

Penulis : Erick

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments