Tuesday, March 5, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARDepo Arsip Kukar Dilakukan Rehab Sesuai Standar

Depo Arsip Kukar Dilakukan Rehab Sesuai Standar

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Depo Arsip Pemkab Kukar yang berlokasi di jalan KH Dewantara Kelurahan Panji Tenggarong sedang dilakukan Rehab berat, agar depo tersebut sesuai dengan standar penyimpanan arsip. Dalam hal kinerja pengelolaan arsip, Pemkab Kukar sudah terima predikat sangat baik.

“Kita lakukan rehab depo arsip agar sesuai standar, ” ucap Kepala Dinas kearsipan dan perpustakaan(Diarpus) Kukar, Ahyani FD, belum lama ini.

Yani menyebut, gedung eks perpustakaan daerah tersebut akan dijadikan depo arsip, sebagai tempat akhir menyimpan arsip milik Pemkab Kukar yang ada di OPD-OPD.

“Arsip yang bersifat statis, arsip yang berumur 10 tahun keatas, ” ucapnya.

Disetiap OPD sebut Yani sudah ada di kantor masing-masing, sebagai tempat penyimpanan arsip sementara, sebelum dilimpahkan ke depo arsip daerah. Arsip yang akan tersimpan di depo arsip, menyangkut arsip pembangunan fisik, peleburan kelembagaan, penghapusan OPD dan lembaga, serta arsip penting lainnya.

“Jika rehab depo arsip selesai, akan menjadi lebih baik lagi, dalam pengamanan arsip, mulai kelembapan suhu ruangan juga akan menjadi perhatian juga, ” ucap Yani.

Demi menunjang layanan kearsipan yang ideal, pelatihan pengelolaan arsip juga kerap dilakukan di OPD-OPD, bahwa mengelola arsip itu tidak sembarangan, jangan sampai ada arsip penting, dibuang sembarangan begitu saja, sehingga dibaca oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Untuk mewujudkan pengelolaan arsip yang ideal, dibantu juga oleh tenaga arsiparis yang profesional dari Diarpus Kukar, ” pungkasnya. (Adv148/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments