Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARDesa Bangun Rejo Siap Sediakan Lokasi TPA

Desa Bangun Rejo Siap Sediakan Lokasi TPA

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Belum memiliki Tempat Pembuangan Akhir(TPA) sampah di Kecamatan Tenggarong Seberang, Pemdes Bangun Rejo siap menyediakan lahan untuk TPA kecamatan. Pernyataan tersebut dipertegas oleh Kades Bangun Rejo, Suprapto.

“Kami siap saja, jika wilayah kami dibangunkan TPA,” tegas Suprapto, Selasa 16 Agustus 2022 di kantornya.

Suprapto menyebut, lahan yang akan disiapkan, jika Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan(DLHK) Kukar mau membangun TPA, ada di areal eks tambang batu bara PT Kitadin atau Bukit Baiduri Energi(BBE).

Untuk membangun TPA yang baik, Suprapto menyarankan yang ramah lingkungan, dibutuhkan areal sekitar 10-12 hektare, yang juga sampah jangan dibakar seperti TPA Samarinda.

“Kalau sampahnya dibakar saya tolak, bangun TPA disini,” sebutnya.

Yang ideal jika sudah ada TPA, Suprapto berujar, harus diadakan mesin pengelolaan sampah yang modern, sampah basah bisa jadi pupuk, sampah kering bisa dijadikan komoditas lain, yang memiliki nilai jual.

“Daya tampung sampahnya berapa, sesuaikan saja dengan mesin pengelolaannya. Jika anggarannya tidak mencukupi, bisa beli mesin yang murah, juga tidak masalah, ” sebutnya.

Kepala DLHK Kukar, Alfian Noor menyebut, Pemkab Kukar merencanakan membangun beberapa TPA, guna mengelola sampah-sampah yang ada di kecamatan, salah satunya TPA di Tenggarong Seberang.

“Yang kita ingin, konsepnya seperti TPA Muara Jawa, dalam pengelolaan sampah sudah cukup baik, ” pungkasnya. (Adv155/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments