Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARDesa Cipari Makmur Galakan Kopi Hitam Muara Kaman atau Kohiman

Desa Cipari Makmur Galakan Kopi Hitam Muara Kaman atau Kohiman

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Patut dibanggakan, Desa Cipari Makmur Kecamatan Muara Kaman kini miliki produk unggulan bernama kopi hitam muara kaman (Kohiman) yang akan terus digalakan. Produk Kohiman sudah tembus pasar kota Samarinda dan Tenggarong.

“Produk andalan kami Kohiman, ” ucap Kades Cipari Makmur, Sodikin Sukmana, belum lama ini.

Kades menambahkan, lahan kopi yang siap panen belum terlalu luas kisaran setengah hektare, sedangkan lahan tanam yang belum panen seluas 2,5 hektare.

“Kohiman punya citra rasa tersendiri, ” ucap Kades.

Untuk rasa Kohiman sebut Sodikin, ada yang murni kopi hitam rasa orisinil, ada juga satu rasa lagi, kopi campur jahe, yang jika dikonsumsi memberikan rasa hangat tersendiri.

“Rasa orisinil dan jahe, sama-sama nikmat jika dikonsumsi, ” sebutnya.

Kades memastikan juga, ada juga produk andalan Cipari Makmur lainnya, berupa minuman serbuk jahe, produk juga sering dijadikan buah tangan, bagi tamu yang berkunjung ke Cipari Makmur.

“Produk serbuk jahe juga kita terus kembangkan. Pemdes juga galakkan,agar masyarakat bisa tanam jahe di halaman rumah,” jelas Kades.

Camat Muara Kaman, Barliang merasa bangga atas produk olahan yang ada di desa-desa Muara Kaman termasuk di Cipari Makmur. Dirinya sudah mengarahkan, agar desa-desa terus berinovasi dalam pengembangan produk andalan masing-masing di desa.

“Produk unggulan Cipari Makmur, Kohinan dan Serbuk Jahe. Ini terus kita pasarkan dan kembangkan. Agar semakin besar, terlibat juga para Kelompok Wanita Tani(KWT), untuk kembangkan budi daya jahe, ” pungkasnya.(Adv142/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments