Tuesday, November 29, 2022
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KALTIMDesa Swan Slutung Raih Penghargaan Kalpataru

Desa Swan Slutung Raih Penghargaan Kalpataru

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA – Masyarakat Hukum Adat (MHA) Mului Desa Swan Slutung, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser disebut mendapatkan penghargaan Kalpataru tahun 2022 dari kategori Penyelamat Lingkungan.

Hal ini diungkapkan langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kalimantan Timur (Kaltim), M Syirajuddin. Ia mengatakan penghargaan nantinya akan diadakan di Jakarta, pada tanggal 8-10 Juni 2022 mendatang.

“Nanti penghargaannya Kalpataru langsung diberikan kepada Kepala Suku Mului,” M Syirajudin, Jumat, 3 Juni 2022.

 

Selain itu, Syirajudin menambahkan bahwa penetapan 10 penerima penghargaan Kalpataru sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : SK.533/MENLHK/PSKL/PSL.3/5/2022 Tentang Penerima Penghargaan Kalpataru tahun 2022.

Sepuluh penghargaan Kalpataru tersebut diberikan dengan rincian tiga orang untuk kategori Perintis Lingkungan, dua orang untuk kategori Pengabdi Lingkungan, tiga kelompok untuk kategori Penyelamat Lingkungan dan, dua orang untuk kategori Pembina Lingkungan.

Penghargaan Kalpataru adalah penghargaan tertinggi di bidang Lingkungan Hidup dan kehutanan yang diberikan pemerintah kepada mereka, baik individu maupun kelompok, yang dinilai berjasa dalam merintis, mengabdi, menyelamatkan, dan membina Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Seperti diketahui, MHA pertama di Kaltim ini menerima penghargaan karena dinilai berkomitmen menyelamatkan lingkungan dengan menjaga kelestarian Hutan Adat di Gunung Lumut yang masuk dalam wilayah kesatuan MHA Mului. Gunung Lumut sendiri membawahi tiga Daerah Aliran Sungai (DAS) di Provinsi Kaltim.

“MHA Mului ini merupakan MHA pertama di Kaltim yang mendapatkan anugerah penghargaan ini. Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dan dukungan semua pihak, terkhusus bagi warga mului dan umumnya masyarakat Kaltim, ” sebutnya.

Oleh sebab itu, iyad mengharapkan desa-desa yang ada di Kaltim dapat mencontoh upaya yang telah dilakukan warga mului yang hingga saat ini menjaga dan melestarikan adat dan lingkungannya. (tp/adv/kominfokaltim)

Penulis: Apri

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments