Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARDiarpus Kukar Gelar Rakor Bidang Perpustakaan

Diarpus Kukar Gelar Rakor Bidang Perpustakaan

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan(Diarpus) Kukar menggelar Rapat koordinasi bidang perpustakaan, di Pondok Jaja Timbau Tenggarong. Rakor diikuti 110 orang yang mewakili lembaga pendidikan dan OPD, Rabu 20 Juli 2022 pagi.

Ketua Panitia, Sigit menyebut, kegiatan Rakor kali ini bermanfaat terkait pengembangan dan pemberdayaan budaya baca di tingkat pelajar dan masyarakat umum.

“Kegiatan Rakor juga dibarengi dengan penandatangan MoU, dengan lima OPD lingkup Pemkab Kukar dan dua lembaga vertikal,” ucapnya.

Kadis Arpus Kukar, Ahyani FD menjelaskan, idealnya ditingkat OPD menyajikan sudut baca di kantornya masing-masing. Dan, sekolah bisa menyiapkan perpustakaan yang sesuai standar bagi siswanya.

“Regulasinya sudah mendukung, setidaknya bisa menyiapkan anggaran sebesar 5 persen dari belanja sekolah,” ucap Yani.

Tujuan Rakor ini tambah Ahyani, sebagai upaya koordinasi antar lembaga, sebagai penyiapan SDM yang unggul dalam pengelolaan perpustakaan.

“Harapannya, bakal banyak perpustakaan sekolah, yang akan terakreditasi,” ucapnya.

Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kaltim, Syafranuddin mencurahkan rasa bangganya, perpustakaan di Kukar sangat baik, terintegrasi dengan taman kota Tenggarong. Perpustakaan kini bukan hanya membaca saja, tapi untuk bisa juga untuk kegiatan lainnya seperti pameran UMKM.

“Kuncinya, masyarakat maju dengan gemar membaca, ” ucap mantan Kabiro Humas Pemprov Kaltim ini.

Safranuddin menyinggung, Kukar sudah jadi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mesti persiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berdaya saing dengan meningkatkan minat baca.

“Apreasiasi sebesar-besarnya atas rakor yang digelar Diarpus Kukar, sesuai dengan standar Nasional. Demi peningkatan sumber daya manusia, jangan sampai perpustakaan kita lebih banyak berdebu. Caranya, bikin kegiatan di perpustakaan agar semakin ramai. Bisa dalam bentuk perlombaan, dengan pemberian hadiah menarik. Nantinya, masyarakat akan terbiasa dengan perpustakaan, ” pungkasnya. (Adv126/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments