Friday, December 2, 2022
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARDiarpus Kukar Komitmen Bangun Perpusdes

Diarpus Kukar Komitmen Bangun Perpusdes

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Demi peningkatan budaya literasi masyarakat Kukar, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kukar membangun Perpustakaan Desa (Perpusdes) di dua Kecamatan.

“Sudah kita bangun tiga perpusdes, di kecamatan Loa Kulu dan Loa Janan,” ucap Kepala Diarpus Kukar, Ahyani Fahdiannur Diani.

Ahyani tidak muluk-muluk menargetkan pembangunan perpusdes di Kukar, dalam setahun mampu mendirikan lima Perpusdes, sebagaimana yang sudah ditargetkan tahun ini juga.

“Tahun ini, kita bangun dua Perpusdes di Kecamatan Tenggarong Seberang, dan tiga Perpusdes lagi di Sebulu, ” ucapnya.

Untuk dibangunkan Perpusdes, ada persyaratan yang harus dilengkapi desa, seperti kejelasan status lahan dan Sumber Daya Manusia(SDM) yang tersedia. Dirinya tidak mau, sudah dibangunkan Perpusdes tapi tidak ada SDM pengelolanya.

“Kita ingin Perpusdes bermanfaat untuk masyarakat desa, ” ucapnya.

Ahyani menambahkan, pasti akan dibantu juga sarana dan prasarananya seperti bahan bacaan, yang sesuai dengan kearifan lokal masyarakat. Sehingga bahan bacaan digemari masyarakat.

“Perpusdes sebagai solusi, orang tidak bisa menjangkau perpustakaan umum daerah yang ada di Tenggarong, ” sebutnya.

Ahyani memastikan, solusi lainnya, sudah hadir aplikasi perpustakaan digital bernama iKukar. Kita ingin menunjukan kepada masyarakat, bahwa membaca buku itu mudah murah dan berkualitas.

Bagi yang belum miliki aplikasi iKukar, bisa mengunduh aplikasi iKukar melalui play store Android dan Apple App Store. Aplikasi ini dibuat sebut Ahyani, karena kondisi sebaran masyarakat Kukar yang luas, sehingga sulit mendapatkan bahan bacaan seperti buku. (Adv/Andri)

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments