Tuesday, March 5, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KALTIMDiskominfo Kaltim Gelar Coaching Clinic Portal Satu Data

Diskominfo Kaltim Gelar Coaching Clinic Portal Satu Data

DEADLINE.CO.ID, BALIKPAPAN – Untuk meningkatkan kualitas statistic sektoral di lingkup Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kaltim mengglar coaching clinic Portal satu data. Di hotel Golden Tulip, Balikpapan. Selasa 7 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal, melalui Kabid Statistik Diskominfo Prov Kaltim, M. Adrie Dirga Sagita menuturkan berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) 39 tahun 2019 dan Pemerintah ingin data tersebut bisa saling terintegrasi secara nasional. Untuk terintegrasi itu sendiri , maka Pemerintah membuat Satu Portal Data Indonesia di seluruh Provinsi Kabupaten dan Kota.

“Setelah ada satu portal itu untuk mengisi atau menginput data maka diperlukanlah pelatihan dan pelatihan itulah yang hari ini kita laksanakan kepada perangkat daerah maupun instansi lembaga vertikal lainnya di provinsi Kalimantan Timur terutama yang menyangkut data statistik sektoral,” ungkap Adrie.

Lebih lanjut, Adrie menuturkan kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari , setiap hari ada 15 OPD yang mengikuti dan sampai selesai nanti ada sekitar 40 Perangkat Daerah (PD).

“Jadi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Provinsi Kaltim harus wajib mengikuti kegiatan,” jelasnya.

Kendati itu, Adrie berharap nantinya data – data statistik sektoral di ruang lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim dapat terkumpul dan apabila sudah terkumpul data tersebut nanti bisa dimanfaatkan oleh pihak lain untuk diolah lebih lanjut menjadi data tergantung dari pemanfaatannya.

“Ini tentunya bisa digunakan oleh pihak organisasi atau siapapun karena data ini sifatnya terbuka. Dimana tersedianya data – data yang diperlukan oleh pihak lain seperti organisasi masyarakat, lembaga, individu dan siapa saja yang bisa memanfaatkan data tersebut,” pungkasnya. (Apri/adv/Kominfokaltim)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments