Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARDKP Kukar Gencar Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat Peduli Lingkungan

DKP Kukar Gencar Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat Peduli Lingkungan

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar aktif lakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat nelayan yang ada di Kukar, untuk peduli lingkungan ekosistem perikanan yang ada di Sungai dan Laut, demi keberlangsungan produksi perikanan dimasa depan.

“Untuk di Hulu, kita banyak lakukan sosialisasi untuk mengedukasi pengendalian usaha tangkap ikan, dari yang tidak ramah lingkungan, diubah ke metode tangkap ramah lingkungan, ” sebut Kepala DKP Kukar, Muslik, kepada Deadline.co.id.

Muslik menghimbau, agar selektif dalam upaya penangkapan ikan, jangan juga serakah, mengambil ikan yang masih kecil, seharus berupaya mengambil yang besar seperti ikan gabus ukuran 1 Kg bisa perbandingan tiga sampai empat ekor ikan gabus.

“Kalau ikan kecil nilainya juga kecil walau beratnya sama, jika ikan semakin besar, maka nilai jualnya semakin besar, ” sebutnya.

Muslik sangat prihatin, karena masih ditemukan, nelayan yang menangkap ikan dengan metode setrum listrik, padahal ini sangat merugikan produksi perikanan kita.

“Yang harus kita antisipasi saat ini, kebutuhan ikan atas hadirnya IKN akan semakim besar, apalagi Kukar memiliki ikan ciri khas sungai Mahakam, ” ucapnya.

Muslik tidak meragukan, bahwa ikan asal Kukar lebih enak jika dibandingkan dengan daerah lainnya, jika lingkungannya masih terjaga.

“Selain Kukar mampu memenuhi kebutuhan ikan di Kaltim, daerah lainnya juga membeli ikan khas Kukar seperti dari Kalsel dan Jawa, ” pungkasnya. (Adv164/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments