Friday, December 2, 2022
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARDKP Kukar Lakukan Penataan di BBI Perjiwa

DKP Kukar Lakukan Penataan di BBI Perjiwa

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG – Sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kukar dibidang perikanan, Balai Benih Ikan (BBI) milik Pemkab Kukar yang berlokasi di Desa Perjiwa Kecamatan Tenggarong Seberang sudah dilakukan penataan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar.

“Ini sudah kami lakukan penataan,” ungkap Kepala DKP Kukar, Muslik, Jumat 15 April 2022 sore.

BBI tersebut jika dikelola secara profesional bisa menjadi tempat pendidikan dan pelatihan ilmu perikanan yang menjanjikan, mampu mendatangkan pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Walau pembenahan secara fisiknya, belum dilakukan.

“Pembenahan fisiknya belum, tapi sudah kita rencanakan, lakukan perbaikan fisik sarana dan prasaranya, kita anggarkan di APBD 2023 nanti,” tegas Muslik.

Penataan yang akan dilakukan DKP, meliputi perbaikan kolam, karena diakui beberapa kolam alami kebocoran. Dan sudah dilakukan dengan metode pemasangan terpal khusus kolam ikan yang tebal.

“Ada beberapa terpal kolam, yang akan diperbaiki, ” jelasnya.

Muslik mendeteksi, kerusakan beberapa kolam, akibat tidak bisa menahan air sungai mahakam ketika pasang, maka akan dilakukan metode lainnya. Tidak ketinggalan juga, perbaikan struktur pengelolaannya.

“Sumber Daya Manusia (SDM) juga dilakukan pembenahan, ” sebutnya.

Selama belum ada pembenahan, PAD dari BBI perjiwa sekarang ini, sulit tembus Rp 75 juta per tahun, padahal pernah alami dulang PAD tembus Rp 75 juta per tahunnya.

“Minimal kita pernah dapat Rp 50 juta per tahun, ” ungkapnya.

Selama ini, sebetulnya BBI Perjiwa banyak dikunjungi mahasiswa luar Kukar yang ingin belajar pembenihan ikan. Bukan hanya mahasiswa, dari berbagai kalangan umum juga lakukan pembelajaran benih ikan di BBI.

“Mahasiswa Unmul Samarinda, dan beberapa Pemdes di Kukar, beberapa kali Diklat di BBI Perjiwa,” pungkasnya. (Adv/Andri)

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments