Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARDKP Kukar Salurkan Bantuan 15 Juta Bibit Udang ke Nelayan Muara Badak

DKP Kukar Salurkan Bantuan 15 Juta Bibit Udang ke Nelayan Muara Badak

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Belum lama ini, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar memberikan bantuan sarana dan prasarana perikanan di Muara Badak. Bantuan tersebut, mewujudkan program dedikasi Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wabup Kukar Rendi Solihin, pengembangan pertanian berbasis kawasan.

“Bantuan tersebut berupa, bibit udang 15 juta ekor, pupuk cair probiotik 5 ribu liter, mesin ces 30 unit, dan frezzer 10 unit, ” ucap Kepala DKP Kukar, Muslik.

Pemberian bantuan kepada nelayan dan pembudidaya ikan di Muara Badak, guna menunjang peningkatan produksi perikanan dan akses pemasaran untuk nelayan. Bantuan tersebut diberikan kepada dua kelompok nelayan dan empat kelompok pembudidaya ikan, dan satu kelompok pengolah pemasaran produk.

“Program ini sudah canangkan dan tertuang di renstra DKP Kukar, ” tegasnya.

Sedangkan pemberian bantuan di Muara Badak, DKP ingin mendorong kecamatan pesisir tersebut, menjadi kawasan sentra perikanan, baik itu budidaya, nelayan maupun pengolahannya.

Muslik berujar lagi, kendala yang dialami selama ini, bagi nelayan di Muara Badak yakni, kesulitan untuk mendapatkan Bahan Bakar Minyak jenis Solar, dalam hal ini DKP Kukar lakukan koordinasi dengan pihat terkait, untuk membuka Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN).

“Kita sudah berkoordinasi dengan pertamina, kita akan melakukan pendataan kepada nelayan, sehingga mengetahui berapa banyak solar yang dibutuhkan nelayan,” ungkapnya.

Dirinya berharap, bantuan yang telah diberikan baik sarana dan prasarana bisa dimaksimalkan oleh penerima, hal ini dilakukan untuk terwujudnya masyarakat sejahtera dan bahagia, sesuai visi dan misi Pemkab Kukar.

Muslik mengasumsikan, bantuan bibit udang sebanyak 15 juta ekor, untuk 6 bulan kedepan tentunya bisa dipanen, 15 juta ekor itu kasarannya menjadi 9 ton hasilnya, jika kalikan saja Rp 150 ribu perkilonya, sehingga ini bisa mensejahterakan masyarakat.

“Bupati berkeinginan, mempertahankan Kukar sebagai lumbung pangan di Kaltim, dan menyambut IKN di Kaltim sebagai daerah penyanggah pangan, ” sebutnya. (Adv137/Andri)

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments