Friday, December 2, 2022
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARDLHK Kukar Targetkan Permasalahan TPA Selesai Tahun Ini

DLHK Kukar Targetkan Permasalahan TPA Selesai Tahun Ini

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar menargetkan, persoalan tidak adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di beberapa Kecamatan akan terselesaikan tahun ini juga.

Kepala DLHK Kukar Alfian Noor mengatakan, Bupati Kukar meminta permasalahan sampah di setiap Kecamatan, bisa di selesaikan dengan baik, karena hal ini merupakan dari program dedikasi Bupati yakni, Kukar peduli lingkungan.

“Target kita masih sama pembangunan Delapan TPA baru dibeberapa Kecamatan,” ucap Alfian Noor, Kamis 28 Juli 2022, usai Rakor penanganan sampah dan air bersih di kantor Bupati Kukar.

Guna memantapkan program tersebut, DLHK menggelar rakor bersama kecamatan-kecamatan, untuk membahas permasalahan persampahan di Kukar. Sehingga apa yang dibutuhkan Kecamatan bisa dicarikan solusinya.

Alfian bercerita, di setiap Kecamatan sudah memiliki Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah, ada lokasi yang disiapkan menjadi TPA, namun akses jalannya juga masih tak layak dan kekurangan armada pengangkut.

“Tugas kita bersama, bagaimana menyikapi permasalahan sampah yang sembarangan ini, tidak ditemukan lagi sampah yang berserakan, ” sebutnya.

Menurutnya, sampah yang berserakan dipinggir jalan, tentunya sangat mengganggu estetika pemandangan yang ada di Kukar, dan tidak baik juga bagi kesehatan. Sementara kedepannya setiap Kecamatan ada pengelolaan sampah terpadu.

“Saat ini, ada dua TPA terpadu, Tenggarong dan Muara Jawa, ” jelasnya.

Sekda Kukar Sunggono memastikan, akan mendukung program penanganan sampah di kecamatan. Seperti, untuk menuju TPA Loa Janan tidak ada jalan masuknya sepanjang 900 meter, begitu juga dengan TPA Kota Bangun tidak ada jalan masuknya sepanjang 250 meter.

“Ini akan kita dukung sepenuhnya penanganan sampah di Kukar, ” ujarnya. (Adv 136/Andri)

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments