Thursday, April 11, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KALTIMDPKH Tegaskan Provinsi Kaltim Aman Dari PMK

DPKH Tegaskan Provinsi Kaltim Aman Dari PMK

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim), melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) memastikan bahwa Kaltim masih aman dari penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan.

Hal ini diungkapkan langsung saat menggelar zoom meeting bersama Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, bersam Dinas Pertanian dan Peternakan se-Indonesia. Pada hari Senin, 16 Mei 2022.

Alhamdulillah, Kaltim aman. Namun berdasarkan informasi Kementan RI, maka kebijakan Provinsi Kaltim, yaitu menghentikan pasokan sapi maupun indukannya dari Jawa Timur (Jatim) dan Nusa Tenggara Barat (NTB),” ungkap Kepala DPKH Kaltim, H Munawwar kepada awak media.

Munawwar menilai mencegah terjadinya PMK, maka telah dilakukan uji Kesehatan pada ternak sapi, kambing, dan domba kurang lebih 2.566 ekor di lokasi peternakan dan rumah potong hewan (RPH) se-Kaltim.

“Sesuai dengan uji Kesehatan yang kita lakukan, ternyata belum ada gejala klinis. Misalnya, mulut melepuh atau kuku,” jelasnya.

Kendati itu, Munawwar menegaskan sesuai kebijakan yang telah ditetapkan Pemprov Kaltim, konsekuensinya stok daging sapi hanya dari Sulawesi. Sehingga stok daging akan berkurang dan harga naik.

“Yang jelas itu sudah hukum pasar, semoga saja cepat berlalu,” pungkasnya.

Penulis: Apri

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments