Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDPRD BERAUDPRD Berau Dorong Peningkatan Literasi di Bumi Batiwakkal

DPRD Berau Dorong Peningkatan Literasi di Bumi Batiwakkal

DEADLINE.CO.ID, TANJUNG REDEB – DPRD Berau mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk terus melakukan inovasi dalam menumbuhkan minat baca masyarakat di Bumi Batiwakkal.

Sekretaris Komisi III DPRD Berau M Ichsan Rapi menyampaikan perlu adanya terobosan seperti membuat ruang baca terbuka sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan literasi.

“Kadang perlu tempat baca terbuka dengan suasana yang lebih cerita dan tidak diganggu orang, jadi membaca tidak hanya di perpustakaan atau di rumah saja,” ucapnya.

Dirinya yang juga menjabat sebagai Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Berau mengatakan, berbagai terobosan dan inovasi terus dilakukan pihaknya, salah satunya gerobak baca yang dibagi ke tiga satuan seperti sekolah, kantor, dan kelurahan atau kampung.

“Tahun lalu di Anggaran Belanja Tambahan (ABT) untuk Paud dan TK, untuk tahun ini di SD, SMP, dan SMA,” ungkapnya.

Dikatakannya, total gerobak baca ada sekitar 30 unit yang senilai kurang lebih Rp500 Juta. Selain itu, di perkantoran dan Rumah Sakit, menurutnya juga perlu gerobak baca.

“Kami lakukan itu secara bertahap. Untuk di kampung-kampung sebenarnya banyak juga yang minta, tapi kami lihat juga kesiapan mereka dalam mengelolanya,” bebernya.

Pihaknya juga menyalurkan bantuan buku ke beberapa perpustakaan sekolah dan kampung yang ada di Kabupaten Berau, baik yang berbentuk fisik maupun digital.

“Buku kami anggarkan lewat Dispusip Berau tahun ini kalau tidak salah Rp 3 Miliar, karena banyak anak muda mengeluh bukunya sudah jadul dan tidak update,” jelasnya.

Daeng Icang berharap agar bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Berau. (Adv)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments