Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKAREmbung Sido Mukti Mendukung Pertanian di Tujuh Desa

Embung Sido Mukti Mendukung Pertanian di Tujuh Desa

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Pemcam Muara Kaman berharap pembangunan Embung penunjang pertanian di desa Sido Mukti kecamatan Muara Kaman bisa segera terwujud, sebagai solusi pengairan lahan persawahan ketika musim kemarau tiba.

“Rencananya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kukar akan membangun dua embung di desa Sidomukti, yang dianggarkan di APBD 2022 ini, ” ucap Sekcam Muara Kaman, Darma Gumawang, belum lama ini.

Darma menambahkan, embung yang akan dibangun tersebut memberikan dampak pengairan mendukung persawahan di desa Sido Mukti, Cipari Makmur, Panca Jaya dan Bunga Jadi, yang masuk wilayah Muara Kaman. Bahkan membantu pengairan sawah di desa yang ada di Kecamatan Sebulu.

“Tiga desa di Sebulu yang terdampak meliputi, Manunggal Daya, Mekar Jaya dan Sumber Sari, ” sebutnya.

Embung menyasar desa-desa yang terkenal dengan lumbung beras yang ada di Muara Kaman, karena selama ini persawahan di desa yang ada hanya mengandalkan tadah hujan, akan mengalami kekeringan jika musim kemarau tiba.

“Minimal mencegah gagal panen, dan peningkatan produksi panen, ” sebutnya.

Sekdes Sido Mukti, Sandra Krisnawati memastikan, selama ini sudah ada embung skala kecil yang dibangun pihak desa dan swadaya mandiri kelompok tani. Yang dibangun pihak desa ada di RT 21.

“Embung yang dibangun desa ada dua, melalui biaya APBDes 2018,” sebutnya.

Embung yang akan dibangun Pemkab Kukar, pasti akan memberikan dampak yang luas terhadap pertanian Sido Mukti pada khususnya. Hampir sebagian besar masyarakat desa berprofesi sebagai petani sawah dan sayur mayur. Sido Mukti terdiri dari 25 RT, 892 kepala keluarga, 3.028 jiwa penduduk.

“Kami juga akan dibangunkan jalan semenisasi di RT 14 ditahun ini juga, ” ucapnya. (Adv151/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments