Tuesday, March 5, 2024
HomeADVERTOTIALDPRD KALTIMHidupkan Perekonomian Kerakyatan, Pemerintah Diminta Gandeng Investor

Hidupkan Perekonomian Kerakyatan, Pemerintah Diminta Gandeng Investor

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA- Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk membuat program bantuan sosial bagi pekerja formal maupun informal.

Dikatakannya, sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia dan Kaltim khususnya, banyak sektor yang ikut terdampak, sehingga perekonomian juga ikut terganggu. Bahkan tidak sedikit dari masyarakat Kaltim, maupun usaha yang ada di Bumi Etam terpaksa “gulung tikar”.

Saat ini, kata dia, seiiring berjalannya waktu yang terus menunjukkan perubahan yang lebih positif, pandemi COVID-19 sudah mulai melandai, sehingga perekonomian kembali bangkit.

“Karena tidak semua sektor, seperti UMKM misalnya, sektor pariwisata, perhotelan juga belum pulih. Ini momentum untuk memulihkan ekonomi di Kaltim di tahun 2022 ini,” ucapnya baru-baru ini.

Masih kata politisi dari partai Golkar ini, untuk benar-benar dapat kembali menggerakkan roda perekonomian Kaltim, pemerintah daerah harus bekerjasama dengan pihak lain ataupun investor. Upaya ini dilakukan untuk menumbuhkan potensi industri baru, guna memperluas lapangan kerja.

Tak hanya itu saja, lanjut Salehuddin, pada sektor industri rumahan juga harus terus didorong dan dibantu, karena pada sektor ini mampu menyerap tenaga kerja.

“Ini yang harus menjadi perhatian pemerintah,” katanya.

Salehuddin menyebut, hal yang lebih penting lagi, bagaimana upaya untuk mengaktifkan kembali ekonomi kerakyatan yang selama ini terpuruk sebagai imbas dari pandemi COVID-19. Termasuk mendorong pelatihan dan penggunaan teknologi digitalisasi.

“Itu harus dikembangkan dan diberikan kepada masyarakat. Termasuk mendorong sektor perbankan, terutama Bank Kaltimtara untuk memberi relaksasi kebijakan terkait dengan permodalan UMKM,” katanya.

“Itu harus menjadi pertimbangan pemerintah, agar mendorong sektor ekonomi agar bisa hidup kembali dan memberikan lapangan kerja serta dapat mengurangi tingkat pengangguran,” timpalnya.

Penulis: Erick

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments