Tuesday, March 5, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARJadi Lumbung Pangan Kukar, Masyarakat Desa Sumber Sari Berkomitmen Jaga Lahan Tidak...

Jadi Lumbung Pangan Kukar, Masyarakat Desa Sumber Sari Berkomitmen Jaga Lahan Tidak Beralih Fungsi

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Desa pemekaran dari Loh Sumber Kecamatan Loa Kulu sejak 2011, desa Sumber Sari ditetapkan sebagai lumbung pangan di Kukar, berkontribusi besar terhadap kebutuhan pangan di Kaltim.

“Desa kami sebagai lumbung pangan di Kukar, ” ucap Kades Sumber Sari, Sutarno, Rabu 3 Agustus 2022.

Sutarno merinci, luasan lahan areal pertanian, yang sudah ditetapkan sebagai lumbung pangan seluas 360 hektare lebih, dengan keunggulan padi sawah dan tanaman Holtikultura.

“Sebanyak 90 persen lebih, masyarakat desa berprofesi sebagai petani, ” sebut Kades.

Untuk luas desa Sumber Sari mencapai 1.416 hektare dengan jumlah penduduk mencapai 3.500 jiwa yang mendiami 11 RT dan 2 Dusun. Andalan tanaman holtikultura yang dikembangkan masyarakat meliputi tomat, kangkung, sawi, bayam, kacang panjang dan cabai.

“Bukan hanya dijual di Loa Kulu, sayur mayur dijual ke Tenggarong, Samarinda dan Loa Janan, ” sebutnya.

Dalam usaha mengembangkan pertanian dalam arti luas, Pemdes akan bekerja sama dengan Pemkab Kukar, terkait prioritas pembangunan jalan usaha tani dan pembangunan embung irigasi pertanian.

“Harapan kami hasil produksi pertanian kita semakin meningkat, ” ucapnya.

Demi menjaga kelestarian produksi pertanian, Pemdes dan masyarakat Sumber Sari komitmen agar lahan yang ada, tidak beralih fungsi menjadi pertambangan batu bara.

“Kami menolak keras pertambangan batu bara legal mau ilegal, karena akan merusak lingkungan dan demi masa depan anak cucu kami, ” pungkasnya. (Adv141/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments