Tuesday, March 5, 2024
HomeDAERAHKUTAI KARTANEGARAKecamatan Kota Bangun Darat dan Samboja Barat Berdiri, Kukar Resmi Miliki 20...

Kecamatan Kota Bangun Darat dan Samboja Barat Berdiri, Kukar Resmi Miliki 20 Kecamatan

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG – Jika masih ada yang menyebut Kukar dengan 18 Kecamatan, perlu diluruskan, karena saat ini Kukar sudah resmi miliki 20 Kecamatan dengan ada tambahan dua Kecamatan baru yaitu Kota Bangun Darat dan Samboja Barat.

“Dua kecamatan baru tersebut, secara resmi sudah memiliki kode wilayah dari Kemendagri RI,” ucap Kadisdukcapil Kukar, Muhammad Irianto, belum lama ini.

Irianto mempertegas lagi kepastian Kukar sudah miliki 20 kecamatan, dalam sistem administrasi kependudukan(adminduk) juga sudah tercatat Kecamatan Kota Bangun Darat dan Samboja Barat.

“Nama dan kode kecamatannya berubah, sedangkan alamat warga yang sebelumnya gabung di kecamatan induk tidak berubah,” sebutnya.

Sedangkan untuk adminduk jenis perekaman dan cetak KTP-el di dua kecamatan baru tersebut, belum bisa dilakukan mengingat sarana dan prasarana belum memadai. Untuk penduduk Kota Bangun Darat berjumlah 13.613 jiwa sedangkan penduduk Samboja Barat berjumlah 29.772 jiwa.

“Ini kita sudah mulai belanja sarana dan prasarananya, kemungkinan, bulan depan sudah terpasang peralatannya, jadi proses adminduk cukup di Kecamatan, ” pungkasnya.

“Belum bisa ditunjuk camat di dua kecamatan tersebut, masih menunggu Peraturan Daerah(Perda) Kukar tentang Kelembagaan pemerintahan di Kota Bangun Darat dan Samboja Barat, yang masih di Pemprov Kaltim, ” ucap Kabag Organisasi Tata Laksana(Ortal) Setkab Kukar, Taufiq Zulfian Noor,

Taufiq belum bisa memastikan, kapan Perda tersebut selesai, diasistensi oleh Pemprov, bagian dari Kewenangan Pemprov serta Pemkab Kukar belum dapatkan infonya.

“Struktur organisasi kerjanya, sama saja dengan kecamatan lainnya di Kukar. Semua kecamatan di Kukar tipenya A,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Kukar Sunggono memastikan, jika Perda kelembagaan selesai penomoran registernya, maka mulai menyiapkan SDM pegawai, yang akan disiapkan untuk mengisi struktur organisasi kerjanya.

“Pegawai kita sudah cukup untuk mengisi jabatan hingga staf, di dua kecamatan tersebut, ” paparnya. (Adv/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments