Saturday, September 23, 2023
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARKecamatan Muara Kaman Konsentrasi Pengembangan Sektor Pertanian

Kecamatan Muara Kaman Konsentrasi Pengembangan Sektor Pertanian

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Setelah ditetapkan sebagai lumbung padi di Kukar oleh Pemkab Kukar, Kecamatan Muara Kaman mulai konsentrasi pengembangan pertanian komoditi padi. Hal ini sesuai dengan program Bupati Edi Damansyah dan Wabup Rendi Solihin, Kukar Idaman.

“Setelah ditetapkan sebagai lumbung padi tahun lalu, pertanian merupakan potensi besar yang ada di Muara Kaman,” ucap Camat Muara Kaman Barliang, melalui Sekcam Muara Kaman, Darma Gumawang, pekan lalu.

Darma menyebut, potensi sawah kita ada di beberapa desa, dengan luasan 1.000 Hektare. Dari luasan ribuan hektare tersebut tersebar di Desa Sido Mukti, Panca Jaya dan Cipari Makmur.

“Desa tersebut sudah sejak lama diakui untuk dijadikan sentra pertanian dan pertaniannya juga surplus,” ucapnya.

Apalagi Kukar sudah ditetapkan sebagai IKN Nusantara, hal ini menginspirasi masyarakat tidak ragu, mengambil pilihan untuk bertani.

Untuk Muara Kaman memiliki Gabungan kelompok tani (Gapoktan) juga, jadi di Muara Kaman ada sekitar 20 sampai 30 Gapoktan, ini perlu adanya dukungan dari semua pihak, baik Kecamatan, OPD yang berkaitan dengan pertanian.

“Salah satu bentuk dukungan yang dilakukan Pemcam Muara Kaman, dengan memfasilitasi infrastruktur jalan usaha tani, dan ini sudah kita usulkan di instansi terkait, “sebutnya.

Darma menjelaskan, sektor pertanian di Kecamatan Muara Kaman semakin maju, dan bisa memenuhi kebutuhan lokal maupun IKN mendatang. Dan terciptanya pemerataan kesejahteraan seluruh masyarakat di wilayah kawasan.

Diketahui, Kecamatan Muara Kaman ada 20 Desa, diantaranya Desa Benua Puhun, Teratak, Bunga Jadi, Panca Jaya, Sido Mukti, Sabintulung, Rantau Hempang, Muara Kaman Ilir, Muara Kaman Ulu, Tunjungan, Muara Siran, Sedulang, Menamang Kiri, Menamang Kanan, Lebaho Ulak, Kuoang Baru, Puan Cepak, Bukit Jering, Liang Buaya, dan Cipari Makmur.(adv/Andri)

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments