Thursday, December 1, 2022
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARKecamatan Tenggarong Unggul Peternakan

Kecamatan Tenggarong Unggul Peternakan

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Kecamatan Tenggarong dinilai drh Gunawan sangat unggul dibidang peternakan, ini dibuktikan, untuk memenuhi permintaan hewan ternak didaerah lain, dicukupi oleh peternak dan penjual yang ada di Tenggarong.

“Jelang Idul Adha kemarin, ketersedian sapi kurban di Tenggarong tembus 600 ekor lebih, ” ucap Gunawan, yang bertugas di Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar ini.

Gunawan bercerita lagi, ada permintaan sapi diwilayah Kutai Barat(Kubar) sebanyak 120 ekor, yang diperiksa kesehatannya, semuanya dapat dipenuhi oleh peternak dan penjual sapi yang ada di Tenggarong.

“Permintaan hewan ternak Babi juga dipenuhi dari Tenggarong, untuk memenuhi permintaan hewan tersebut di Kabupaten Mahakam Hulu(Mahulu), walau hanya untuk memenuhi hari-hari tertentu saja di Mahulu, ” ucapnya.

Selain unggul sapi dan babi, Tenggarong juga unggul ayam potong. Untuk skala umum, ada beberapa wilayah di Kukar yang unggul dibidang peternakan, ada di Loa Janan, Loa Kulu, Tenggarong Seberang serta daerah lainnya.

“Diakui, Kukar mampu memenuhi kebutuhan daging untuk daerah lainnya di Kaltim, ” sebutnya.

Untuk kasus Penyakit Mulut dan Kuku(PMK) tidak ditemukan kasus di Kukar. Karena Kukar berhasil memproteksi hewan ternaknya terhindar dari virus PMK. Proteksi sudah dilakukan diperbatasan pintu masuk ke Kukar, serta kerja sama yang baik, dengan balai Karantina hewan yang ada di Kaltim.

“Semoga tidak ditemukan kasus PMK di Kukar, ” harapnya. (Adv113/Andri)

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments