Tuesday, March 5, 2024
HomeADVERTOTIALDPRD KALTIMKomisi II DPRD Kaltim Dorong Pemprov Kaltim Manfaatkan Potensi Aliran Sungai

Komisi II DPRD Kaltim Dorong Pemprov Kaltim Manfaatkan Potensi Aliran Sungai

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA- Anggota DPRD Kaltim Sapto Setyo Pramono mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk memanfaatkan potensi aliran sungai menjadi pemasukan asli daerah (PAD).

Menurutnya, selama ini peluang tersebut belum dilirik. Padahal Kalimantan Timur memiliki potensi sungai yang luar biasa.

“Banyak peluang bisnis di sini. Itu bisa melibatkan Dinas Perhubungan, untuk bagaimana kita mengambil alih secara permanen dan profesional untuk pengelolaan kapal Ferry, khususnya dari Balikpapan – PPU dan sebaliknya, yang mana ini adalah aset kita,” katanya baru-baru ini.

Terkait itu, banyak OPD dan instansi terkait yang dapat dilibatkan untuk benar-benar dapat memaksimalkan potensi pendapatan dari sektor ini.

“Kita dukung dan suport yang punya potensi ini, tentu ini kita harapkan bersama. Jadi bukan Bapenda saja yang bekerja, tapi bagaimana pak Gubernur untuk dapat memaksimalkan ini, karena sebagai leading sektor ini tidak hanya OPD, agar nantinya mereka tidak bicara bahwa itu semua karena saya atau karena siapa, tapi ini untuk rakyat Kaltim,” ujarnya.

Dikatakannya, baru-baru ini lintas Komisi di DPRD Kaltim telah melakukan rapat dengar pendapat (RDP) bersama dengan pihak Dinas Perhubungan Kaltim, KSOP, Bapenda, Pelindo dan mitra terkait untuk membahas mengenai penggalian potensi aliran sungai menjadi PAD Kaltim.

Dikatakannya, selama ini pemasukan dari sektor ini selalu mengalir ke pusat. Padahal, setiap harinya jumlah kapal yang melintas di sungai-sungai yang ada di Kalimantan Timur jumlahnya sangat banyak.

“Jika kita mengupayakan ini, tentu ini akan menjadi pemasukan bagi daerah kita. Tentu juga harus ada kesungguhan dari pemerintah dan OPD serta instansi terkait untuk memperjuangan ini,” pungkasnya.

Penulis: Erick

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments