Wednesday, December 6, 2023
HomeADVERTOTIALDPRD KALTIMKomisi II DPRD Kaltim Setujui Usulan Disperindagkop Kaltim, Dorong Peningkatan Kemampuan UMKM

Komisi II DPRD Kaltim Setujui Usulan Disperindagkop Kaltim, Dorong Peningkatan Kemampuan UMKM

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA- Ketua Komisi II DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang berikan apresiasi kinerja Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM) Provinsi Kalimantan Timur, sebab dinilai berpotensi meningkatkan UMKM Kaltim.

“Ada progres yang bagus, kami lihat. Progres ini menjadi peningkatan kinerja Disperindagkop dan UMKM, dengan adanya hotline pendaftaran untuk UMKM. Jadi ada anggaran dari APBN yang akan masuk,” bebernya saat ditemui dalam di ruang Komisi II, pada Selasa 1 Maret 2022.

Pandemi Covid-19 yang telah berjalan sepanjang dua tahun terakhir, sangat mempengaruhi sektor UMKM. Banyak dari pelaku UMKM, mengalami penurunan omzet pendapatan, sebab daya beli masyarakat yang menurun. Bahkan banyak diantaranya UMKM yang gulung tikar.

Menghadapi persoalan tersebut, Veridiana mendorong Disperindagkop dan UMKM Kaltim dapat meningkatkan pelatihan para pelaku UMKM, tujuannya agar dapat menghadapi persaingan di Ibu Kota Negara (IKN) baru.

“Kita melihat dalam masa pandemi serta terkait isu IKN, perlu untuk mempersiapkan masyarakat Kaltim untuk dua hal tersebut. Masyarakat Kaltim, jangan sampai hanya menjadi penonton dan kalah dalam persaingan, akibat tidak ada kemampuan apa-apa. Hal tersebut mau kita jadikan poin dalam diskusi tersebut, agar tahu program Disperindagkop dan UMKM Kaltim akan kemana,” bebernya kepada awak media.

Veridiana juga menyampaikan sejauh ini, Disperindagkop dan UMKM Kaltim telah menjalankan program yang menyokong kemampuan pelaku UMKM dengan pelatihan-pelatihan serta mendorong distribusi hasil UMKM, tidak hanya distribusi dalam negeri tetapi hingga manca negara.

“Di tahun 2021 Disperindagkop dan UMKM Kaltim, telah melakukan 200 kali pelatihan untuk UMKM. Selain itu mereka juga membantu menjalankan ekspor komoditi hasil UMKM seperti, lidi dari Sawit, komoditas Pisang dan lain sebagainya,” katanya.

Veridiana mendukung langkah Disperindagkop dan UMKM Kaltim untuk memperkuat regulasi Perda terkait peningkatan UMKM. Regulasi ini kemudian, akan sangat berguna untuk pengembangan dan memudahkan pelaku UMKM mendapat bantuan modal usaha.

“Kami sangat mendukung keinginan Disperindagkop dan UMKM Kaltim guna memperkuat regulasi juga Perda-perda yang berhubungan dan pelatihan terhadap UMKM. Hingga capaian yang sangat maju untuk kesempatan merebut dari APBN, untuk bantuan pemerintah terhadap UMKM,” pungkasnya. (ADV)

Penulis: Erick

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments