Tuesday, March 5, 2024
HomeADVERTOTIALDPRD KALTIMKomisi III Tajamkan Program Prioritas Pembangunan Bersama Bappeda Kaltim

Komisi III Tajamkan Program Prioritas Pembangunan Bersama Bappeda Kaltim

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA- Komisi III DPRD Kaltim gelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama Bappeda Kaltim, di ruang rapat Gedung E lantai 1, Kantor DPRD Kaltim pada Senin 21 Maret 2022.

Sekretaris Komisi III DPRD Kaltim Sarkowi V Zahry mengatakan, bahwa RDP hari ini membahas singkronisasi dan penajaman berbagai program prioritas pembangunan di Kaltim, serta persoalan lain yang mengalami perubahan aturan.

“Kita melakukan penajaman terkait program prioritas pembangunan Kaltim. Jadi kita samakan arahnya untuk pembangnunan ke depan, termasuk soal pertanian, irigasi, adanya perubahan aturan,” tutunya.

“Misalnya, Bappeda yang dulu dengan yang sekarang beda, ada Peraturan Menteri yang membatasi tugas Bappeda, tidak seperti dulu. Sekarang perencanaan di Bappeda, tapi penganggaran di BPKAD. Intinya kita bicara mengenai membangun sinergi dengan Bappeda, supaya program yang menjadi tugas Bappeda itu optimal,” timpalnya.

Politisi Partai Golkar ini juga menyatakan pihaknya akan mengingatkan Bappeda atas Pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Tadi kami mengingatkan juga terkait saatnya RPJMD, meskipun secara padu serasinya ada di Bappeda, tapi kajian di PU, bagian tata ruang. Jadi kita minta terkait dengan revisi tata ruang perlu dipercepat, karena sekarang perubahan tata ruang masih menunggu input dari Kabupaten/ Kota. Sementara seiring waktu ditetapkan Kaltim sebagai IKN, otomatis tata ruang kota berbeda,” jelas Sarkowi.

Ada yang harus dibolongi, ini otorita IKN, jadi harus dikeluarkan dari otorita kita. Jadi, kita minta terkait RPJM tata ruang ini supaya dilakukan percepatan,” tutupnya. (ADV)

Penulis: Erick

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments