Sunday, December 4, 2022
HomeADVERTOTIALDPRD KALTIMKomisi IV DPRD Kaltim Upayakan Singkronisasi Program Kerja dan Penanganan Masalah Tenaga...

Komisi IV DPRD Kaltim Upayakan Singkronisasi Program Kerja dan Penanganan Masalah Tenaga Kerja

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA- Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmaed Reza Fachlevi menyatakan, perlu untuk singkronisasi program Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi untuk peningkatan evaluasi kinerja.

Ia juga menyampaikan bahwa ada persoalan yang disampaikan oleh Disnakertrans Kaltim. Terkait minimnya anggaran yang jomplang dengan beban kerja yang tinggi.

“Sejauh ini anggaran dari untuk Disnakertrans hanya Rp 48 miliar menjadi kendala untuk menjawabi banyaknya masalah,” ujarnya kepada awak media di Gedung E lantai 1.

Ia juga membeberkan data tingginya angka pengangguran yang tinggi di Kaltim.

“Untuk pengangguran di Kaltim, mencapai 218 ribu orang. sedangkan perusahaan yang terdaftar ada 11 ribu dan yang wajib lapor ada 827 ribu,” bebernya.

Menurutnya pengaruh utama tingginya angka pengangguran sebab minimnya sertifikasi yang dimiliki oleh Sumber Daya Manusia (SDM) lokal.

“Masalah sertifikasi, dari SMK saja masih minim. Hal ini sebenarnya perlu terhubung dengan Dinas Pendidikan, karena ada jumlah pengangguran banyak dari lulusan SMK. Nah maka perlu, adanya singkronisasi dari Dinas Pendidikan dan Disnakertrans, untuk sertifikasi,” tutupnya. (ADV)

Penulis: Erick

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments