Friday, June 21, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARKukar Siap Gelar Pilkades Serentak

Kukar Siap Gelar Pilkades Serentak

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Tahapan Pilkades serentak di 86 Desa se Kukar terus berjalan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, akan terus mendampingi Pilkades serentak, hingga ditetapkan Kades terpilih hasil Pilkades.

“Tahapannya sudah berjalan sejak bulan lalu, pembentukan Pilkades serentak ditingkat Desa,” sebut Kepala DPMD Kukar, Arianto, kepada media ini.

Tahap selanjutnya yang akan dilaksanakan, dengan pembukaan masa pendaftaran calon Kades yang akan ikut proses Demokrasi tersebut, yang direncanakan akan dimulai pada 2 Juni hingga Juli 2022.

Arianto menambahkan, dari 86 desa yang menggelar Pilkades tersebut tersebar di 16 Kecamatan, sedangkan 2 kecamatan lainnya, tidak ada desa, yaitu Muara Jawa dan Sangasanga hanya ada Kelurahan.

Untuk kecamatan yang paling sedikit gelar Pilkades ada di Tenggarong hanya dua desa, sedangkan yang paling banyak ada di kecamatan Samboja yang menggelar 14 Pilkades.

“Pilkades serentak akan dilaksanakan 14 September 2022,” tegasnya.

Untuk urusan pengamanan Pilkades, DPMD sudah mengantisipasi dengan bekerja sama dengan pihak pengamanan seperti Polres dan Kodim Kukar, mengingat pengamanan sangat penting.

“Pilkades bersentuhan langsung dengan masyarakat desa, gesekan antar warga atau pendukung sangat tinggi, makanya perlu pengamanan dalam pelaksanaan Pilkades, ” katanya.

Arianto memastikan, BPMD akan mengurus proses hibahnya ke Polres dan Kodim Kukar, bahkan ada juga yang dilakukan hibah ke Polres dan Kodim Bontang.

“Kecamatan Anggana, Muara Badak dan Marang Kayu masuk wilayah kerja Polres dan Kodim Bontang, ” sebutnya.

Tugas DPMD memberikan pendampingan kepada panitia Pilkades tingkat desa hingga memberikan pendampingan, sedangkan untuk pembiayaan honornya panitia tingkat desa ditanggung melalui ADD.

“Saya berharap Pilkades serentak di Kukar berlansung sukses, tanpa menimbulkan konflik sesama masyarakat, ” harapnya. (Adv/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments