Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARLima Kecamatan di Kukar Jadi Sentra Pangan

Lima Kecamatan di Kukar Jadi Sentra Pangan

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Upaya pengembangan sektor pertanian berbasis kawasan, Pemkab Kukar telah menetapkan lima kecamatan menjadi kawasan sentra pangan. Pemkab Kukar berkomitmen secara perlahan, lepas ketergantungan dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

“Sudah kita petakan, lima kecamatan jadi sentra pangan Kukar, ” sebut Sekda Kukar, Sunggono, saat meninjau program TMMD 2022 di desa Panca Jaya kecamatan Muara Kaman, Kamis 11 Agustus 2022.

Sunggono menyebut satu per satu kecamatan yang menjadi sentra pangan, yaitu Muara Kaman, Sebulu, Tenggarong Seberang, Tenggarong dan Loa Kulu. Dari segi kewilayahan sudah sangat tepat lima kecamatan tersebut, jadi sentra pangan jenis padi dan sayur mayur, perikanan dan peternakan.

“Untuk kebutuhan pangan di Kaltim, sebanyak 40 persennya dari Kukar, ” ucapnya.

Lima kecamatan sentra pangan tersebut, juga disiapkan untuk kebutuhan pangan IKN Nusantara Kaltim, dengan banyaknya penduduk yang berpindah ke IKN.

“Kukar juga ingin sebagai daerah penyanggah pangan untuk IKN, ” tegasnya.

Camat Tenggarong Seberang, Sugiarto mengakui, wilayahnya sudah terkenal sejak lama, sebagai sentra pertanian di Kukar, hampir rata-rata desa mengandalkan pertanian, dan masyarakat berprofesi sebagai petani. Camat meyakini pertanian di Tenggarong Seberang akan semakin maju, karena sudah ada Taman teknologi pertanian di desa Bangun Rejo.

“Pertanian di Tenggarong Seberang semakin maju, hasil produksi pertanian di Tenggarong Seberang dijual ke kota Samarinda dan Tenggarong, ” pungkasnya. (Adv152/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments