Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARPembinaan UMKM di Kukar Lintas OPD

Pembinaan UMKM di Kukar Lintas OPD

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Agar terus tumbuh dan berkembang, pelaku UMKM y#  ang ada di Kukar harus dilakukan pembinaan. Dalam hal pembinaan kepada pelaku usaha, Dinas Koperasi dan UKM Kukar melibatkan lintas OPD.

“Kalau UMKM nya sektor pertanian maka kita gandeng Dinas Pertanian dan Peternakan(Distanak), jika usahanya sektor perikanan, kita libatkan dinas perikanan dan kelautan(DPK) Kukar, yang terpenting saling bersinergi, ” sebut Kadis Koperasi dan UKM Kukar, Tajuddin, Kamis 9 Juni 2022.

Dirinya menambahkan, jumlah UMKM berdasarkan sektornya akan dilakukan pendataan, yang dilakukan oleh para enumerator. Saat ini, masih tahap pembekalan para enumerator.

“Kalau pembekalan sudah selesai, maka masuk tahap Verifikasi, ” ucapnya.

Setelah dilakukan verifikasi, maka pendataan akan dilakukan. Pendataan akan lebih akurat, karena by sistem menggunakan aplikasi langsung tercatat disistem.

“Yang menjadi kendala pendataan didaerah yang jaringan internetnya buruk,” ungkapnya.

Dinas yang dipimpin Tajuddin sedang gencar, mengajak pelaku UMKM untuk semangat menggunakan strategi pemasaran berbasis online, menyesuaikan trend pemasaran bisnis masa kini. Jika pelaku UMKM terus berinovasi, maka produk kukar mampu bersaing dengan produk luar Kukar.

“Kami sudah bekerja sama dengan shopee shop, pelaku UMKM bisa pasarkan produknya ke shopee shop, tinggal dipenuhi persyaratannya saja, apakah bentuk perizinannya dan merek dagangnya, ” pungkasnya. (Adv/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments