Thursday, April 11, 2024
HomeDAERAHSAMARINDAPemkot Samarinda Resmi Memulai Vaksinasi Terhadap Anak-anak

Pemkot Samarinda Resmi Memulai Vaksinasi Terhadap Anak-anak

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA- Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui dinas kesehatan (Dinkes) Samarinda secara resmi melaksanakan vaksin dosis pertama untuk anak usia 6 tahun hingga 11 tahun, pada Senin 17 Januari 2022

Kegiatan ini dilaksanakan di Mal Plaza Mulia, Jalan Bhayangkara Kelurahan Bugis Kota Samarinda. Vaksinasi ini memberikan vaksin sebanyak 1.600 dosis berjenis Sinovac.

Dandim 0901 Samarinda, Letkol Arm Novi Herdian selaku pelaksana dalam kegiatan vaksin tersebut menjelaskan bahwa hari ini merupakan peluncuran pertama untuk vaksin anak usia 6 tahun hingga 11 tahun di Kota Samarinda dengan melibatkan dua sekolah yang berdomisili di Samarinda.

“Hari ini ada 1.600 dosis yang disediakan, ini anak-anak dari dua sekolah yakni SD Muhammadiyah 1 dan SD 08 Samarinda,” katanya.

Ia juga menjelaskan jumlah anak usia 6 tahun hingga 11 tahun di Samarinda sebanyak 88 ribu anak dan tersebar dibeberapa pendidikan formal.

Karena itu, ia berharap agar pelaksanaan vaksin bisa terus digalakkan sehingga cepat mendapatkan target yang ditentukan.

“Karena hari ini baru peluncuran pertama untuk vaksin anak, jadi kita targetkan kedepannya perhari sekitar 7.600 dosis sehingga harapannya tidak lebih dari dua minggu targetnya harus segera tercapai,” ujarnya.

Kedepannya, lanjut dia, pelaksanaan vaksin anak-anak akan dilaksanakan di sekolah, karena mengingat penerapan protokol kesehatan (Prokes) juga dinilai lebih tertib dan tidak menimbulkan kerumunan yang berlebihan.

“Hari ini hanya sebagai pemicu awal biar masyarakat sudah tahu vaskin anak sudah mulai Samarinda, selanjutnya akan dilaksanakan di sekolah, Karena disekolah ada keuntungan tersendiri, terutama soal penerapan protokol kesehatan jadi tidak menimbulkan kerumunan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala dinas kesehatan (Kadinkes) Samarinda, Ismid Kusasih menambahkan, untuk jenis vaksin yang digunakan untuk anak usia 6 tahun hingga 11 tahun hanya jenis sinovac. Sesuai dengan arahan dari Kementerian kesehatan (Kemenkes) dengan ukuran dosis yang sama dengan orang dewasa.

Ismed juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang dilakukan TNI-POLRI dalam hal melaksanakan percepatan vaksinasi bagi masyarakat di Samarinda.

“Kepada TNI-POLRI tentu kami menyampaikan terima kasih karena selalu mendukung dalam pelaksanaan vaksin di Samarinda ini,” ucapnya.

Dalam waktu dekat ini, tambahnya, di Kota Samarinda akan segera melaksanakan vaksin ketiga atau booster, sebab target sebagai syarat untuk melaksanakan booster sudah tercapai.

“Untuk vaksin booster di Samarinda dalam beberapa hari ini akan dilaksanakan,” tutupnya.

Penulis: Erick

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments