Tuesday, March 5, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KALTIMPemprov Kaltim Targetkan 5000 RLH Selesai Tahun 2023

Pemprov Kaltim Targetkan 5000 RLH Selesai Tahun 2023

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim fokus untuk menuntaskan proyek pembangunan Rumah Layak Huni (RLH). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan di Kaltim.

Bahkan dalam hal ini, Pemprov Kaltim juga bersinergi dengan perusahaan dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUP-PERA) Provinsi Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda. Ia menuturkan bahwa Gubernur Kaltim Isran Noor direncanakan akan melakukan ground breaking pembangunan RLH dengan bantuan PT Pupuk Kaltim (PKT) melalui CSR, yang akan dipusatkan di Desa Guntung, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menargetkan pembangunan 5.000 Rumah Layak Huni, pada akhir masa jabatan Gubernur dan wakil Gubernur Kaltim Isran Noor dan Hadi Mulyadi.

“Target kami sampai dengan akhir masa jabatan Gubernur Kaltim, yakni tahun 2023, pembangunan Rumah Layak Huni dari APBD Provinsi sekitar 5.000 unit rumah akan selesai,” ungkap Aji kepada awak media. Selasa 21 Juni 2022.

Tak hanya itu, Aji juga menjelaskan RHL  ini dibangun untuk masing-masing di 10 Kabupaten/Kota di Kaltim, dengan tipe 45 dan tipe 36. Program RHL dilakukan karena banyak rumah warga yang tidak layak huni di Kaltim. Dengan syarat pembangunan RLH tersebut, adalah diperuntukkan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah serta harus memiliki lahan tanah sendiri atau tidak mengontrak.

“Sesuai dengan perintah dari Gubernur, RLH ini diberikan kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah. Dan juga mereka akan tinggal disana,” jelasnya.

Kendati itu, Aji menambahkan sejauh ini Pemprov Kaltim sudah membangun 2.900 RLH bagi warga prasejahtera. Dengan pembiayaan merupakan kontribusi dari APBD Provinsi, ditambah APBD Kabupaten/Kota termasuk dengan CSR perusahaan.

“Pada tahun 2022 ini, ada sekitar 500 rumah layak huni akan dibangun. Tergantung dari CSR perusahaan, sedangkan sisanya ditargetkan akan selesai di akhir tahun 2022 hingga tahun 2023 mendatang,” tandasnya. (Apr/Adv/Kominfokaltim)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments