Monday, December 5, 2022
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARPercepatan Transformasi Digital, Pemkab Kukar Gelar Sosialisasi Tanda Tangan Digital

Percepatan Transformasi Digital, Pemkab Kukar Gelar Sosialisasi Tanda Tangan Digital

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Untuk percepatan transformasi digital, Pemkab Kukar melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) menggelar sosialisasi tanda tangan digital, Senin 11 April 2022 di gedung serba guna kantor Bupati Kukar. Sosialisasi dihadiri beberapa perwakilan Organisasi Perangkat Daerah(OPD).

Sekda Kukar Sunggono meyakini, dengan tanda tangan elektronik, alur proses birokrasi pemerintahan khususnya hal persuratan, diharapkan dapat menjadi lebih mudah, aman, dan dapat dilakukan dimana saja.

“Jadi tidak boleh lagi alasan dokumen yang lambat ditanda tangani karena pejabatnya tidak ada di tempat,” kata Sunggono.

Sunggono melanjutkan, hal ini termasuk program digitalisasi pelayanan publik, bahwa pemerintah daerah mulai bergerak melakukan transformasi digital, di sektor administrasi pemerintahan dan layanan publik, dalam rangka mewujudkan layanan birokrasi yang bersih, efektif, dan efisien serta melayani.

“Kita sudah berada di era digital, maka pola kerja yang harus disesuaikan mengikuti kemajuan teknologi,” sebutnya.

Kata Sunggono, dalam melaksanakan digitalisasi pemerintahan, tentunya dibutuhkan komitmen seluruh pimpinan perangkat daerah dan pejabat pemerintahan, dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan Desa.

“Salah satu bentuk komitmen yakni komitmen untuk meningkatkan literasi digital, guna menjaga keberlangsungan sistem dan keamanan data, dalam hal penggunaan tanda tangan elektronik,” ungkapnya.

Sunggono menekankan, komitmen yang harus dimiliki pejabat yang berwenang menandatangi adalah harus mampu menguasai sistem aplikasi yang digunakan untuk melakukan tanda tangan elektronik.

“Jadi harus paham aplikasinya, jangan sampai tanda tangan elektronik diserahkan kepada orang lain, karena hal itu berpotensi menimbulkan penyalahgunaan wewenang,” tuturnya.

Kabid TIK Diskominfo Kukar Ery Haryono menuturkan, demi penerapan tanda tangan elektronik, sudah melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan balai sertifikasi elektronik UPT dari badan Siber dan sandinegara.

“Bupati, Wabup, dan Sekda sudah memiliki sertifikasi elektronik, sehingga beliau bisa menandatangani dokumen elektronik,” ujar Ery Haryono

Menurutnya, tanda tangan elektronik tidak terlalu sulit untuk diimplementasikan, hanya saja perlu merubah kebiasaan dari manual menjadi menggunakan aplikasi elektronik. Tanda tangan elektronik itu terdiri tanda tangan atas informasi elektronik.

“Yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya, yang digunakan untuk verifikasi,” pungkasnya.(adv/Andri)

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments