Friday, April 12, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARPerempuan Desa Bakungan Dilatih Kewirausahaan

Perempuan Desa Bakungan Dilatih Kewirausahaan

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Para perempuan Desa Bakungan Kecamatan Loa Janan, mengikuti pelatihan kewirausahaan usia produktif dalam pemberdayaan masyarakat lokal, yang digagas Dinas Koperasi dan UMK Kukar, Selasa 14 Juni 2022.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber pelaku wirausaha muda, Aspin Anwar yang mengakui sangat senang dan bahagia bisa berbagi ilmu bersama dengan para Ibu-ibu hebat yang ada di desa Bakungan.

“Perempuan di Bakungan semangat berwirausaha,” sebut Aspin.

Dirinya mengutif statement Menteri Koperasi Dan UKM R.I Teten Masduki, dari sekitar 65 juta unit UMKM yang ada di Indonesia, jika dilihat berdasarkan usahanya, sekitar 34 persen usaha menengah dijalankan perempuan. Kemudian 50,6 persen usaha kecil dan 52,9% usaha mikro juga dijalankan oleh perempuan indonesia.

“Kalau dilihat dari angka tersebut, memang perempuan lah yang mendominasi pelaku UMKM di Indonesia dan UMKM Kukar harus bangkit oleh perempuan,” ucap Aspin.

Aspin berharap dengan adanya pelatihan ini para ibu, bisa membuka lapangan pekerjaan dan jangan berfikir anaknya menjadi seorang PNS atau guru honorer. Karena kita ketahui akhir 2023 tenaga honorer akan di hapus. Jadi berfikirlah menciptakan lapangan usaha dan menjadi seorang entreprenur mather of power full.

Kades Bakungan, Arlusdiansyah dalam sambutanya mengucapkan terima kasih banyak, kepada Dinas Koperasi dan UKM Kukar sudah memfasilitasi kegiatan pelatihan ini.

“Semoga ibu-ibu Bakungan bisa berfikir menjadi wirahusaha dan bisa membuka lapangan pekerjaan dan bisa menambahkan pundi perekonomian keluarga, “harapnya.

Kades meminta juga, pelatihan ini jangan berhenti disini saja, harus ada tindak lanjutnya, minimal lakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM di Desa.

” Kita semua senang, jika ada produk UMKM Bakungan yang bisa dikenal skala Nasional, ” pungkasnya. (Adv/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments