Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARPersiapan Fornas 2022, Dispora dan Kormi Kukar Gelar Ajang Oltrad

Persiapan Fornas 2022, Dispora dan Kormi Kukar Gelar Ajang Oltrad

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Kukar menggelar laga Olahraga Tradisional (Oltrad) tingkat Kaltim, yang diselenggarakan selama dua hari, 18-19 Juni 2022, di Taman Kota Raja(TKR) Tenggarong.

Pelaksanaan Oltrad tingkat Kaltim ini sebagai persiapan ajang Festival olahraga rekreasi nasional (Fornas) 2022, yang akan digelar awal Juli nanti.

“Iya ini ajang persiapan Fornas 2022, yang akan dilaksanakan awal bulan depan di Palembang Sumsel,” ucap Kadispora Kukar, Aji Ali Husni, saat membuka acara, Sabtu 18 Juni 2022.

Kadispora menyebut, kegiatan kali ini diikuti peserta dari Samarinda, Balikpapan, Kutai Timur, Kutai Barat dan Kukar sebagai peserta tuan rumah. Ali memastikan laga oltrad akan dilestari demi mengedukasi dan membiasakan anak muda khususnya pelajar, cinta dan terbiasa dengan Oltrad.

“Sekarang ini pelajar banyak disibukkan dengan gadget, tidak terbiasa dengan olahraga. Ini menjadi perhatian kami, ” ucap Ali.

Demi memaksimalkan memperkenalkan oltrad dikalangan pelajar. Dispora akan melibatkan Disdikbud Kukar, agar oltrad bisa dibiasakan di sekolah masing-masing.

“Cabang oltrad yang dipertandingkan kali ini, begasing, sumpit, betisan dan bedego, ” katanya.

Ali meyakini oltrad tidak memerlukan biaya yang mahal, untuk membiasakanya, alatnya juga sangat sederhana, tinggal kemauan para pelajar Kukar saja, mau tidak membiasakan bermain oltrad.

Ketua Kormi Kukar, Lukman mengiyakan apa yang disampaikan Kadispora Kukar, ajang kali ini, sebagai seleksi atlet oltrad yang akan dikirim ke Fornas di palembang mewakili Kaltim.

“Dari 250 peserta laga oltrad se Kaltim, sebanyak 50 persennya dari Kukar. Atlet oltrad Kukar tersebar di kecamatan Hulu dan Pesisir, ada juga yang dari wilayah Kukar tengah, ” ucapnya.

Pada saat pelaksanaan Fornas 2019 di Samarinda, sebut Lukman, Kaltim sebagai juara umum, dan sumbangsih terbesarnya dari atlet Kukar.

“Dari ajang laga oltrad ada dua kategori umum dan pelajar, didominasi pada kategori umum, ” pungkasnya. (Adv/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments