Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARPersiapan Pilkades Serentak di Kukar, Masuk Masa Tanggap Publik Terhadap Calon

Persiapan Pilkades Serentak di Kukar, Masuk Masa Tanggap Publik Terhadap Calon

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto mengungkapkan kondisi persiapan terkini, Pilkades Serentak di 86 Desa di 16 Kecamatan se Kukar sudah masuk masa tanggap publik, terhadap sosok calon Kades yang lolos administrasi ke tahap selanjutnya.

“Pada 17 Juli 2022 yang lalu, sudah diumumkan, calon-calon yang lolos adminstrasi. Untuk tujuh hari kedepan, masuk masa tanggap dari masyarakat,” ucap Arianto, Selasa 19 Juli 2022.

Jika nantinya ada warga atau calon yang tidak lolos keberatan, atas keputusan panitia, maka bisa ngajukan gugatan ke pengadilan. Akan tetapi tidak menghentikan tahapan yang sudah berjalan.

“Tahapan tetap lanjut lah, sambil menunggu keputusan pengadilan,” ucapnya.

Tahapan selanjutnya, terang Arianto yang pernah jabat Camat Muara Wis ini, masuk penetapan nama calon kades yang akan ikut Pilkades bulan September 2022. 86 Desa yang mengikuti Pilkades serentak, adalah Kades yang terpilih di pilkades 2016 berakhir oktober 2022.

Jika calon Kades lebih dari lima orang, maka akan dilakukan uji tambahan berupa ujian karya tulis dan materi lainnya, yang dijadikan skor mana yang memiliki nilai yang layak. Setelah tidak ada permasalahan, maka masuk ke Kecamatan untuk minta rekomendasi, agar tahapan pilkades dilanjutkan.

Terkait proses pengamanan Pilkades serentak, Pemkab sudah berkoordinasi dengan Polres dan Kodim Kukar, serta Polres dan Kodim Bontang. Bantuan ke lembaga vertikal tersebut juga sudah disiapkan.

“Besaran bantuan nilai beda, kalau untuk Polres dan Kodim Bontang lebih sedikit, karena hanya mencakup dua kecamatan Marang Kayu dan Muara Badak, ” pungkasnya. (Adv123/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments