Wednesday, November 30, 2022
HomeADVERTOTIALDPRD KALTIMPerusahaan Batu Bara Gunakan Jalan Umum, Komisi I DPRD Kaltim Pertanyakan Izinnya

Perusahaan Batu Bara Gunakan Jalan Umum, Komisi I DPRD Kaltim Pertanyakan Izinnya

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA- Ketua Komisi I DPRD Kaltim Baharuddin Demmu mempertanyakan jalan-jalan umum mana saja yang dilintasi angkutan batu bara maupun kelapa sawit tanpa mengantongi izin.

Pertanyaan tersebut diarahkannya kepada Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim, lantaran hingga saat ini Komisi I DPRD Kaltim belum menerima data jalan yang dilintasi angkutan batu bara dari Dinas Perhubungan Kaltim.

“Dishub sendiri belum memberikan data ke kita dan ini yang menjadi pertanyaan kami Komisi I,” ucapnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menurut Politisi dari partai PAN ini, OPD terkait harus memperhatikan dan teliti atas izin-izin yang akan dikeluarkan, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan.

Karena kata Baharuddin Demmu, dari hasil yang terlihat di lapangan, khusus di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara banyak ditemui angkutan batu bara yang melintas di jalan umum.

“Harusnya teman-teman di dinas, kalau kita sudah bicara izin, kalau menyangkut izin crossing, izin pelabuhan itu semua harus ada datanya,” katanya.

“Kami jelaskan, bahwa ada di daerah Muara Badak jalan provinsi yang digunakan untuk lewat batu bara. Itukan jalan provinsi, malah OPD terkait minta data lokasi jalannya. Kan aneh itu?,” sambungnya.

Dengan tegas, Baharuddin Demmu meminta agar OPD-OPD tidak lagi mengeluarkan izin pada perusahaan yang dinilai tidak layak.

“Maksud kami di sini, mereka perlu benar-benar keluarkan izinnya. Jika itu tidak ada, kami sama-sama bertindak,” katanya.

Komisi I sendiri, lanjut dia, akan terus membangun diskusi bersama OPD lain, khusunya terkait perizinan.

“Inikan masih permulaan dan kami sudah mengingatkan bahwa kalau tidak ada izin akan repot,” pungkasnya.

Penulis : Erick

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments