Thursday, April 11, 2024
HomeADVERTOTIALDPRD BERAUPrioritaskan Penanggulangan Bencana, Sarana Prasarana BPBD Harus Diremajakan

Prioritaskan Penanggulangan Bencana, Sarana Prasarana BPBD Harus Diremajakan

DEADLINE.CO.ID, TANJUNG REDEB – Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo mengatakan sarana prasarana dimiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau harus mendapat perhatian yang lebih.

Hal ini dikarenakan pentingnya sarana prasarana tersebut mendukung petugas dalam pelayanan masyarakat dalam penanggulangan bencana seperti banjir dan kebakaran serta bencana lainnya.

Selain itu, sarana dan prasarana BPBD Berau harus dilakukan peremajaan maupun perawatan agar dapat digunakan dengan maksimal.

“Terkait alat ini kan ada kajian teknis seperti batas usianya. Lagi-lagi kita mengkritisi kelayakan sebuah unit atau alat tersebut,” jelasnya.

Dikatakan Falentinus, DPRD Berau mendorong peningkatan ketersediaan personil atau Sumber Daya Manusia (SDM) dan unit damkar di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau dari segi anggaran. Termasuk peremajaan sarana prasarana dan rencana kerja.

“Kalau alat ini memang sudah melewati batas masanya, maka harus diremajakan. Karena penanggulangan bencana ini harus diprioritaskan, ucapnya.

“Harus lebih disiapkan sekali lagi perencanaan bukan cuman BPBD saja akan tetapi semua OPD semestinya dibuat perencanaan dengan matang baik itu SDM dan sarana prasarana pendukungnya,” tuturnya.

Disampaikan, BPBD Berau harus realistis antara usulan dan kemampuan anggaran yang terkadang memang tidak imbang. Akan tetapi, kata dia, hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat skala-skala prioritas.

“Tentu hal seperti ini kita bahas di DPRD terkait hal prioritas dalam menunjang pelayanan masyarakat di Kabupaten Berau,” tutupnya. (Adv)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments