Sunday, December 4, 2022
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARProduk UMKM Sido Mukti Akan Dipasarkan Secara Online, Butuh Peran Disperindag Kukar

Produk UMKM Sido Mukti Akan Dipasarkan Secara Online, Butuh Peran Disperindag Kukar

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Kantor Desa Sido Mukti Kecamatan Muara Kaman dikunjungi Disperindag Kukar, guna mendata produk UMKM asal desa tersebut, yang siap akan dipasarkan secara online melalui e-Katalog atau marketplace, Selasa (26/7/2022).

Kehadiran tim Disperindag diterima langsung oleh Sekcam Muara Kaman Darma Gumawang dan Sekdes Sido Mukti, Sandra Krisnawati.

Darma menyebut, produk olahan makanan yang dibuat pelaku UMKM desa Sido Mukti lumayan banyak, didominasi makanan ringan. Seperti, rempeyek kacang, kripik talas, stik Gimi-gimi, kripik pisang, kue kembang goyang, sambal pecel dan kacang sembunyi.

“Ada juga produk telor asin, jahe bubuk dan beras kemasan, ” ucap Darma.

Namun Darma menyayangkan, produk olahan UMKM tersebut, belum sempat diurus perizinan layak edar dan PIRT. Karena para pelaku tidak sempat mengurus perizinannya, jika mengharuskan turun ke Tenggarong. Darma menyarankan, lebih baik lagi, Disperindag bisa memfasilitasi perijinan di kecamatan.

“Jika fasilitasi perizinan di kecamatan, bisa dilibatkan UMKM dari desa yang lain, ” ucapnya.

Darma menyebut, meski administrasi perizinan belum lengkap, akan tetapi produk Sido Mukti sudah dipasarkan keluar wilayah Muara Kaman, seperti dipasarkan ke Tenggarong, Samarinda dan Balikpapan.

“Kami harap ada dukungan yang lebih dari Disperidag Kukar, ” sebutnya.

Untuk produksi produk, pelaku UMKM per minggunya memproduksi sekitar 5 Kg per satu produk, yang dikoordinir dan didampingi oleh KWT Setia Tani.

“Selain dititipkan ke toko-toko juga bisa pesan melalui telpon atau WA ke nomor 081347874362,” jelasnya. (Adv135/Andri)

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments