Friday, June 21, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARProgram Kukar Krearif Idaman Jadi Andalan Dispar Kukar

Program Kukar Krearif Idaman Jadi Andalan Dispar Kukar

DEADLINE.CO, TENGGARONG- Dinas Pariwisata Kukar punya program unggulan, melalui program Dedikasi Bupati Edi Damansyah dan Rendi Solihin, yaitu Kukar Kreatif. Dari program tersebut terdapat sub sektor ekonomi kreatif.

“Kami berikan perhatian khusus pada sektor ekonomi kreatif (ekraf),” ungkap Kadispar Kukar, Slamet Hadi Raharjo, belum lama ini kepada Deadline.co.id.

Sektor ekraf dianggap Slamet, telah terbukti dalam memajukan perekonomian masyarakat, sehingga pemerintah pusat juga memberikan perhatian khusus. Untuk di Kukar ekraf mengarah kepada anak-anak muda.

“Anak muda Kukar punya kreatifitas dan inovasi, ini harus kita fasilitasi melalui program Kukar Kreatif Idaman,” katanya.

Perhatian yang sudah diberikan Pemkab Kukar, dibangunkan gedung Kekraf, yang saat ini, pembangunannya masih berjalan terus, melalui Dinas PU Kukar.

“Semua komunitas ekonomi bisa terlibat di gedung Kekraf, ” ucap Slamet, yang pernah jabat Kadis ESDM Kukar ini.

Ditambahkan Slamet, pembangunan gedung tersebut, kini masih dalam proses. Dispar Kukar tidak mengetahui pasti kapan rampungnya bangunan yang digadang sebagai gedung serbaguna ini.

“Yang jelas ketika gedung sudah selesai, kami sudah siap beroperasi,” urai Slamet.

Ekraf di Kukar juga terbukti kesuksesannya. Salah satunya adalah saat Kukar memenangkan peringkat kedua di seluruh Indonesia sebagai Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Fungsional.

“Kukar jadi contoh, dianggap sebagai Pemda yang miliki komitmen kuat menyiapkan tempat untuk kreasi anak muda,” tuturnya.

Salah satu bentuk komitmen lain adalah pembentukan Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) tingkat kecamatan di seluruh Kukar. Jadi, nantinya ada gedung Kekraf kecamatan. Yang belum final saat ini penunjukkan lokasinya saja.

“Yang harus dipenuhi syaratnya, Legalitas tanah dan bangunannya harus milik pemerintah,” pungkasnya. (Adv/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments