Thursday, December 1, 2022
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KALTIMRakor DPMPTSP Se-Kabupaten/Kota di Kaltim, Riza Indra Riadi: Terobosan Dan Inovasi Harus...

Rakor DPMPTSP Se-Kabupaten/Kota di Kaltim, Riza Indra Riadi: Terobosan Dan Inovasi Harus Diperlukan

DEADLINE.CO.ID, BANDUNG – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar rapat koordinasi terkait pembuatan terobosan dan inovasi dalam peningkatan investasi di Daerah Kaltim.

Rapat yang diadakan di Ballroom Hotel Adayana Bandung, pada hari Rabu, 25 Mei 2022, di buka langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Riza Indra Riadi Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Plt Sekda) Provinsi Kaltim Riza Indra Riadi didampingi oleh Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kaltim, Kepala OPD dan Biro dilingkup Pemprov Kaltim, Kepala DPMPTSP Bandung, Kepala DPMPTSP kabupaten dan kota serta para nara sumber.

mewakili Gubernur Kaltim, Riza meminta jajaran Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) provinsi dan kabupaten/kota bersama stakeholders terkait untuk segera bangkit membuat terobosan dan inovasi dalam peningkatan investasi di daerah Kaltim, baik PMDN maupun PMA.

“Untuk itu, kita harus segera menyusun dan menyajikan data-data potensi dan peluang investasi di daerah secara akurat, disertai analisis kelayakan usaha meliputi aspek ekonomi, aspek teknis, aspek hukum, lingkungan hidup dan data lainnya,” ungkap Riza.

Selain itu, Riza menambahkan sebagai upaya mewujudkan misi pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemprov Kaltim sangat menyadari, bahwa investasi memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan.

Dengan adanya investasi langsung baik yang berasal dari dalam negeri, maupun investasi dari luar negeri, tentunya akan sangat menentukan lajunya pertumbuhan ekonomi suatu daerah yang suatu saat akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Dengan banyaknya investasi yang masuk ke suatu daerah tentunya akan membawa dampak positif seperti terciptanya lapangan kerja baru bagi masyarakat, peningkatan daya beli, dan perubahan kualitas taraf hidup kearah yang lebih baik,” jelasnya.

Kendati itu, Riza juga meminta agar investasi di Kaltim menjadi lebih menarik maka DPMPTSP provinsi dan kabupaten/kota harus terus berupaya melakukan perubahan terutama dalam bidang pelayanan perizinan Investasi dengan konsep pelayanan yang prima, cepat, dan mudah, dengan harapan Kaltim akan menjadi salah satu daerah tujuan Investasi di tanah air maupun luar negeri.

“Sehubungan dengan itu, melalui workshop ini, diharapkan dapat dilakukan pemetaan potensi dan peluang investasi, serta teridentifikasikannya potensi daerah, termasuk permasalahan dihadapi yang dapat menghambat peningkatan investasi di Kaltim,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kaltim Puguh Harjanto mengatakan, tujuan workshop untuk memberikan pemahaman dan panduan/arahan kepada para apartur DPMPTSP Provinsi Kaltim, DPMPTSP dan Bappeda kabupaten/kota se-Kaltim serta instansi terkait di lingkungan Pemprov Kaltim dalam proses penyusunan peta potensi dan peluang investasi.
.
“Melalui workshop ini para peserta dapat menyusun dan memetakan potensi dan peluang investasi di daerah masing-masing secara akurat disertai analisis kelayakan usaha yang meliputi aspek ekonomi, aspek teknis, aspek hukum, aspek lingkungan dan sosial,” Pungkasnya.
.
Penulis: Apri

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments