Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARRatusan Pelaku UMKM Terima Program Kredit Kukar Idaman

Ratusan Pelaku UMKM Terima Program Kredit Kukar Idaman

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Program Pemkab Kukar berlebel Kredit Kukar Idaman banyak diminati pelaku UMKM di Kukar. Kredit tersebut terbilang lunak, karena si pemohon tanpa membayar bunga pinjaman, yang penyalurannya melalui Bankaltimtara Tenggarong.

“Sudah 116 pemohon yang disetujui permohonan kredit nya,” ucap Kadis Koperasi dan UMKM Kukar, Tajuddin, melalui Kasi Fasilitasi Usaha Mikro, Indah Septiana, Selasa 9 Agustus 2022.

Dirinya menyebut, jika ditotal permohonan yang ingin mengajukan kredit banyak saja, seperti total permohonan yang masuk di Dinas Koperasi dan UMKM dan Bankaltimtara mencapai 345 pemohon. Rata-rata mengambil limit kredit dari 5-25 juta dengan masa pengembalian paling lama selama 2 tahun.

“Dari banyak permohonan tersebut, banyak juga yang terkoreksi dan gugur, karena masuk Sistem Layanan Informasi Kredit(SLIK), tidak berprestasi saat punya kredit di Bank lain atau dileasing,” sebutnya.

Kepala Cabang Bankaltimtara Tenggarong, Amuniantoyo menyebut, prinsipnya, manajemen Bankaltitara siap terima rekomendasi dari Dinas Koperasi dan UMKM Kukar, terkait pemohon yang mengajukan permohonan kredit Kukar Idaman.

“Prinsip kami juga, harus melihat riwayat prestasi pemohon di SLIK, apakah riwayat sebelumnya berprestasi membayar kredit, jangan sampai ada menimbulkan masalah di kemudian hari, ” ucap Ammu.

Amu yang pernah aktif di Bankaltimtara Berau ini berharap program kredit Kukar Idaman bisa sukses, dan bisa jadi percontohan di Kaltim. Program kredit tanpa bunga tersebut, pemohon hanya membayar uang administrasinya saja.

“Ide munculnya program kredit ini, sebagai bentuk keprihatinan terhadap pedagang pasar dan UMKM yang ngajukan pinjaman ke rentenir, dengan bunga pinjaman yang cukup tinggi, bisa tembus bunga sampai 20 persen, ” paparnya. (Adv145/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments