Monday, December 5, 2022
HomeADVERTOTIALDPRD KALTIMSarkowi V Zahry Paparkan Persoalan Implementasi Perda Tidak Maksimal

Sarkowi V Zahry Paparkan Persoalan Implementasi Perda Tidak Maksimal

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA- Anggota Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD Kaltim Sarkowi V Zahry menerangkan, ada beberapa hal yang menyebabkan Perda tidak berjalan maksimal dalam penerapannya.

“Kalau Perda tidak berjalan, harus kita lihat dulu apa penyebabnya. Bisa karena munculnya aturan yang lebih tinggi di atasnya, sehingga membuat Perda ini harus direvisi atau disesuaikan,” ujarnya pada awak media baru-baru ini.

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan tidak maksimalnya penerapan Perda di lapangan adalah karena banyaknya usulan Perda yang masuk, sehingga belum dapat dijadwalkan untuk melakukan evaluasi.

“Bisa juga karena berkaitan dengan agenda yang usulan banyak, sehingga belum sempat direvisi yang menyebabkan statusnya quo,” katanya.

Faktor lainnya juga, karena belum ada Peraturan Gubernur (Pergub).

“Bisa juga karena belum ada Pergubnya. Kita lihat apakah Pergubnya ada atau tidak. Kalau Pergubnya ada, aturannya update, tapi tidak jalan, ya itu tugas dari pemerintah untuk bagaimana caranya melaksanakan Perda tersebut,” terangnya.

DPRD lanjut Sarkowi, bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda yang telah ditetapkan.

“Harapan kita bahwa Perda ini disusun dengan pemikiran, tenaga, waktu dan biaya. Kita harapkan semua Perda bisa efektif dilaksanakan, karena ini merupakan pedoman kita bersama. Sehingga jangan sampai Perda hanya menjadi kertas kosong yang tidak punya makna,” pungkasnya.

Penulis: Erick

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments