Friday, June 21, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARSektor Pertanian Semakin Unggul di Desa Tanjung Batu

Sektor Pertanian Semakin Unggul di Desa Tanjung Batu

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Sektor pertanian di Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang, semakin menjadi unggulan untuk meningkatkan perekonomian dan memajukan kesejahteraan masyarakat desa. Potensi lahan yang luas, turut mendukung hal tersebut.

“Kita punya lahan produktif seluas 1000 Hektar, yang mampu menghasilkan produk pertanian dalam arti luas,” sebut Kades Tanjung Batu, Husniansyah.

Dirinya menyebut lagi, bahkan miliki lahan tidur, yang sangat sayang jika tidak dimanfaatkan. Pemerintah desa sejak dua tahun lalu menggandeng Kodim 0906 Kukar, untuk mengembangkan pertanian padi sawah dan hortikuktura.

“Masyarakat Tanjung Batu rata-rata berprofesi sebagai petani, yang tergabung dalam sembilan kelompok tani, ” katanya.

Husni menambahkan, kedepannya, coba ingin menjajakan pola kemitraan untuk menanam kelapa sawit, di areal lahan sebelah utara dekat PLTU Tanjung Batu, dengan luas 300 hektare.

“Mudah-mudahan atau pihak ketiga yang mau membuka lahan tersebut, ” ucapnya.

Dikatakan Husniansyah selain potensi disektor pertanian ada juga sektor perikanan, karena wilayah utara ini berbatasan dengan desa Loa Lepu potensi perikanan masih sangat terbuka.

Husni melanjutkan, ada juga potensi pariwisata seperti wisata air terjun yang terletak di RT.5, walaupun kecil tapi bisa dikelola dengan konsep yang dipadukan dengan kegiatan wisata pertanian. Tapi karena infrastruktur jalannya belum memadai jadi belum bisa di buka.

Husni menyebut, jika rencana inovatif dirinya hanya mengandalkan pembiayaan dari APBD dan Desa, bisa saja berjalan tapi lambat. Jadi harus tetap bermitra dan bersinergi, untuk membenahi infrastruktur jalan maupun kegiatan yang mampu mengembangkan potensi yang ada di Desa Tanjung Batu.

“Kami dari desa, tetap berkeinginan saling bersinergi untuk membangun desa, ” pungkasnya. (Adv/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments