Saturday, July 20, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KALTIMSLB Balikpapan Raih Penghargaan Sekolah Ramah Anak, Kepala DKP3A Kaltim: Kabupaten/Kota di...

SLB Balikpapan Raih Penghargaan Sekolah Ramah Anak, Kepala DKP3A Kaltim: Kabupaten/Kota di Kaltim Harus Menerapkan KLA

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA – Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan apresiasi atas keberhasilan Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kota Balikpapan yang telah memperoleh penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, sesuai surat nomor B.86/D.PHA.5/TK.04.06/3/2022, sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA) Tingkat Nasional 2021.

Kepala DKP3A Kaltim, Noryani Sorayalita menuturkan, ini adalah bukti dari komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk mewujudkan Kota Layak Anak (KLA). Seperti diketahui, SRA merupakan salah satu indikator evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak.

“Penghargaan ini adalah suatu komitmen satuan pendidikan yang telah mengimplementasikan SRA secara menyeluruh, berkelanjutan dan menjadi contoh bagi satuan pendidikan lainnya,” ungkap Soraya saat menyerahkan sertifikat penghargaan SRA. Kamis, 19 Mei 2022.

Selain itu, Soraya menambahkan evaluasi dilakukan secara periodik oleh Tim Standarisasi dari Kementerian PPPA. Dan SRA adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab.

“Prinsip utamanya adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak,” tambahnya.
Kendati itu, Soraya berharap agar kota Balikpapan bisa menjadi sebuah contoh untuk Kabupaten/Kota di Kaltim agar bisa menerapkan komitmen sebagai KLA.

“Dan ini yang terpenting karena anak merupakan masa depan dan penerus bangsa. Jadi semoga Kabupaten/Kota di Kaltim juga bisa berlomba untuk menjadi KLA.” Harapnya.

“Dan kedepannya sekolah-sekolah lainnya dapat menjadi Sekolah Ramah Anak, sehingga dapat mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama 8 jam anak berada di sekolah melalui upaya sekolah untuk menjadikan sekolah bersih, aman, ramah, indah, inklusif, sehat dan nyaman,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sebagai upaya untuk menjamin pemenuhan hak-hak anak, Pemerintah Provinsi Kaltim telah menerbitkan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 12 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2012 tentan Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak di Provinsi Kalimantan Timur.

Penulis: Apri

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments