Friday, June 21, 2024
HomeDAERAHKUTAI KARTANEGARATanamkan Pemahaman Hukum, Sarkowi V Zahry Sosialisasi Perda Nomor 5 Tahun 2019...

Tanamkan Pemahaman Hukum, Sarkowi V Zahry Sosialisasi Perda Nomor 5 Tahun 2019 di Tenggarong Seberang

DEADLINE.CO.ID, KUKAR – Anggota DPRD Kaltim DR. Sarkowi V Zahry, S. Hut, SH, M.M, M.Si, M. Ling melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Nomor 5 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum, di BPU Desa Karang Tunggal, Kecamatan Tenggarong Seberang pada Rabu 17 November 2021.

Untuk mempertajam penyampaian materi, turut dihadirkan narasumber terkait, yakni Rektor Unikarta, Erwinsyah.

Turut hadir, Kepala Desa Karang Tunggal Bambang Riono Irawan dan Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Supono serta tokoh masyarakat setempat. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam paparannya, Sarkowi V Zahry mengapresiasi animo masyarakat untuk mengikuti sosialisasi Perda Nomor 5 tahun 2019 tersebut. Dikatakannya, sosialisasi Perda wajib dilaksanakan oleh anggota DPRD sesuai daerah pemilihan (Dapil). Ini dilakukan sebagai edukasi, agar masyarakat mengetahui apa saja Perda yang dibuat Pemerintah Daerahnya.

Masih kata dia, banyak Peraturan Daerah yang faktanya tidak diketahui oleh masyarakat. Hal itu terjadi, lanjutnya, karena minimnya sosialisasi.

“Khusus Perda Bantuan Hukum, namanya hukum, sifatnya mengikat. Tentu masyarakat harus mengetahui, karena masyarakat sendiri yang menjadi objek, sekaligus subjeknya. Karena selama ini sering masyarakat diabaikan,” ucapnya.

Dikatakan Sarkowi V Zahry, Perda Bantuan Hukum tersebut dapat membantu masyarakat yang terjerat dalam kasus hukum, utamanya bagi masyarakat yang berasal dari kalangan tidak mampu. Namun tentunya harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan, diantaranya surat tidak mampu yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat pada domisili tinggalnya.

“Bantuan hukum yang diberikan ini gratis, bagi masyarakat yang kurang mampu ketika dia sedang mengalami masalah hukum. Sehingga, diharapkan dapat mengurangi beban yang dihadapi. Tapi tentunya, persyaratan juga harus dipenuhi,” terangnya.

Politisi dari partai berlambang pohon beringin ini berharap, dengan rutinnya menerima sosialisasi, maka wawasannya dapat terbuka, dan dapat memahami hukum.

Masih dalam rangkaian kegiatan Sosper ini, juga disampaikan materi bela negara. Ini dinilai penting untuk memupuk rasa cinta generasi muda pada NKRI.

Penulis : Ningsih

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments