Thursday, December 1, 2022
HomeDAERAHSAMARINDATemui Mahasiswa, Ketua DPRD Kaltim Pastikan Dukung Tuntutan Mahasiswa

Temui Mahasiswa, Ketua DPRD Kaltim Pastikan Dukung Tuntutan Mahasiswa

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA – Tepat pukul 16.40 Wita, Senin 11 April 2022, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK menemui para mahasiswa, yang sejak pukul 13.45 Wita berkumpul dan menggelar aksi damai di depan Kantor DPRD Kaltim.

Sebelumnya, sekitar pukul 16.00 Wita, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli masuk ke Gedung D Kantor DPRD Kaltim dan langsung menuju lantai 2 untuk menemui Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK.

30 menit kemudian, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK, didampingi Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo, disusul oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji tampak menuju ke luar gedung DPRD untuk menemui para mahasiswa, dengan pengawalan ketat aparat kepolisian. Selanjutnya, Ketua DPRD Kaltim bersama anggota DPRD lainnya ikut duduk lesehan mendengarkan tuntutan mahasiswa.

“Adik-adik mahasiswa yang datang ke gedung wakil rakyat ini menyampaikan aspirasinya. Kami atas nama wakil rakyat DPRD Provinsi Kalimantan Timur menerima dengan baik dan memberikan dukungan penuh terhadap pernyataan hari ini, aspirasi mahasiswa. Kita harus kembali pada konstitusi kita, kita harus kembali kepada penyelenggara demokrasi kita. Mahasiswa yang mengukir sejarah ini,” ucap Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK.

“Dalam suasana bulan suci Ramadan, kami sangat salut. Mudah-mudahan jerih payah yang diberikan adik-adik saat sekarang ini dapat balasan dari Allah,” sambungnya.

Makmur HAPK berulang kali menegaskan bahwa pihaknya mendukung aspirasi yang disampaikan oleh mahasiswa.

Dirinya pun sempat menceritakan pengalamannya sebagai Ketua DPRD Kaltim yang kembali ditunjuk untuk ketiga kalinya, namun dirinya memastikan tetap hanya dua kali untuk memimpin.

“Kita sependapat, saya juga mantan pemimpin. Saya juga sempat diminta untuk 3 kali, tapi memang harus 2 kali. Prestasi kita boleh kita berikan saat menjabat, jadi mahasiswa, jadi rakyat biasa, jadi tokoh masyarakat, itu bisa kita sumbang. Demokrasi sudah baik yang diukir mahasiswa dan selayaknya kita pertahankan. Bagaimana pun kami mendengar adik-adik dengan baik. Insyaallah apa yang disampaikan akan kami tandatangani,” ucapnya, yang langsung mendapat tepuk tangan riuh mahasiswa.

Sementara itu, perwakilan mahasiswa menyampaikan bahwa kehadiran mereka di depan Kantor DPRD Kaltim untuk meminta dukungan atas tiga tuntutan mereka melalui penandatanganan MoU.

“Kami membawa MoU dan meminta DPRD Kaltim untuk menyatakan sikap terkait tuntutan kita,” ucap salah satu perwakilan mahasiswa.

Mengenai isi surat MoU antara DPRD Kaltim dengan mahasiswa, tertulis :

Saya yang bertandatangan di bawah ini, atas nama perwakilan Aliansi Mahakam menggugat, perwakilan DPRD Provinsi Kalimantan Timur yang disebut sebagai pihak pertama Aliansi Mahakam. Selanjutnya disebut sebagai pihak kedua, DPRD Kaltim menerangkan :
1. Bahwa kedua belah pihak telah bersepakat pada tuntutan aksi Aliansi Mahakam, yaitu :
– Menolak dan membatalkan kenaikan BBM
– Menolak dan membatalkan kenaikan PPN
– Menolak perpanjangan masa jabatan Presiden dan penundangan Pemilu 2024
2. Bila terjadi kerugian, maka akan menjadi tanggungjawab kedua belah pihak.
3. Apabila terjadi perselisihan antara kedua belah pihak, maka sebisa mungkin penyelesaian diselesaikan secara kelembagaan. Jika belum ditemukan jalan keluar, maka dapat dilanjutkan dalam hukum.

Usai pembacaan MoU dari perwakilan mahasiswa, dilanjutkan dengan penandatanganan.

Pertemuan tersebut berlangsung sekitar 30 menit. Selanjutnya Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK beserta rombongan masuk ke dalam gedung DPRD Kaltim.

“Jadi kita dukung secara penuh dan tuntutan itu sudah kita tandatangani bersama dan nanti kita akan bawa ke DPR RI.
Secepatnya akan diatur di Sekretariat dewan. Kalau sudah selesai kita antar,” tegas Makmur HAPK.

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments