Thursday, April 11, 2024
HomeDAERAHSAMARINDATender Kualitas Proyek Harus Diutamakan Panitia Lelang

Tender Kualitas Proyek Harus Diutamakan Panitia Lelang

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA – Kualitas merupakan luaran pekerjaan yang sangat penting dalam pelaksanaan proyek-proyek pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Pemprov dan kabupaten serta kota, perlu memberikan perhatian serius dalam menentukan pemenang tender.

Hal itu disampaikan anggota Komisi III DPRD Kaltim Sarkowi V Zahry pada sidang Paripurna DPRD Kaltim ke-3 tahun 2022.

“Perlu selektif dalam menentukan pemenang tender. Kemampuan kerja, modal dan komitmen kerjanya perlu diperhatikan,” ucapnya, Rabu 12 Januari 2022.

Sarkowi mengungkapkan, pihaknya berkali kali menerima laporan masyarakat soal kualitas proyek yang rendah. Begitu dicari informasi lebih lanjut, ternyata diketahui bahwa pihak ketiga pemenang tender banyak kelemahan.

Diantaranya, pihak ketiga itu menang tender dengan menurunkan harga sampai 30 persen, ada pula yang tidak memiliki alat dan ada yang modal usaha tidak besar dan lain lain.

“Kalau menang tender karena penawaran rendah, tanpa melihat aspek lain, kualitas yang kalah. Semua aspek harusnya diteliti,” ujarnya.

Politisi dari partai Golkar ini menyarankan, panitia lelang harus realistis dalam hal pelaksanaan lelang, terutama dalam menentukan pemenang, pertimbangan penawaran terendah dan tidak menjadikan satu-satunya pertimbangan.

“Perlu pertimbangan lain yang tentu tetap memperhatikan aturan-aturan yang ada,” pungkasnya.

Penulis : Ningsih

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments